Selasa, 24 Mei 2022
23 Syawal 1443

6 Manfaat Jahe Bisa Atasi Masalah Batuk

Manfaat Jahe - inilah.com
istimewa

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si (Herbal), menyatakan, terapi simtomatik terhadap batuk bertujuan untuk melegakan jalan nafas. Salah satunya adalah dengan bahan dasar seperti jahe. Lantas apa saja manfaat jahe bagi kesehatan?

Hampir semua varian virus Corona menyebabkan gejala batuk. Salah satu upaya terapi simtomatik terhadap batuk yang disebabkan oleh virus COVID-19 adalah dengan mengonsumsi bahan herbal. Terapi simtomatik dapat dilakukan untuk mengatasi keluhan sementara karena fokus mengobati sesuai dengan gejala yang ada.

Kementerian Kesehatan RI melalui surat edaran No. HK.01.07/Menkes/187/2017 juga menganjurkan konsumsi tanaman obat jahe, jeruk nipis, dan kencur untuk memelihara kesehatan, pencegahan penyakit, dan perawatan kesehatan termasuk pada masa kedaruratan kesehatan masyarakat atau bencana nasional COVID-19. Sesuai anjuran pemerintah, herbal seperti jahe, jeruk nipis, kencur, daun mint ampuh meredakan batuk dan melegakan tenggorokan.

Baca juga
Hari Gizi Nasional, Pentingnya Peran Ibu Penuhi Gizi Sejak Hamil

“Karena memiliki sifat antitusif (meredakan dan menekan batuk) dan bekerja sebagai ekspektoran yang membantu mengeluarkan dahak dari paru-paru,” papar Inggrid Tania, saat temu media virtual OB Herbal Efektifitas Terapi Simtomatik Batuk dari Bahan Herbal di Jakarta, Jumat, (25/02/2022).

Ada enam manfaat jahe yang dapat Anda simak, berikut ini:

1. Memiliki sifat anti-oksidan, anti-inflamasi dan antinosiseptif yang menenangkan tenggorokan, meredakan nyeri, dan mengurangi peradangan di tenggorokan, serta saluran nafas bawah yang disebabkan oleh batuk

2. Memiliki sifat antibakteri dan antivirus

3. Merangsang salivasi (pengeluaran air liur), menghambat kontraksi saluran napas dan merangsang sekresi lendir, untuk meredakan batuk

Baca juga
Pelaksanaan PPKM di Seluruh Wilayah Indonesia Diperpanjang

4. Memiliki sifat antihistamin yang dapat meredakan alergi, termasuk batuk karena alergi

5. Memiliki sifat antitusif (meredakan dan menekan batuk) yang bermanfaat pada batuk kering

6. Bekerja sebagai ekspektoran yang membantu mengeluarkan dahak dari paru-paru (bermanfaat pada batuk berdahak).

Jahe menjadi salah satu bahan dasar obat batuk herbal yang bisa menjadi obat pendaping jika timbul gejala. Karena itu, masih menurut Inggrid, konsumsi obat herbal memiliki banyak manfaat dan minim efek samping.

“Mengonsumsi obat batuk herbal juga memiliki lebih banyak manfaat. Berbeda dengan obat batuk non-herbal yang setiap jenis bahannya hanya punya satu jenis khasiat, obat batuk herbal setiap bahannya memiliki multikhasiat dan efek samping yang minimal,” tambahnya.

Tinggalkan Komentar