Kamis, 01 Desember 2022
07 Jumadil Awwal 1444

6 Nama Kandidat Pj Gubernur DKI Disetor ke Jokowi, Bakal Dipilih Melalui Rapat Penentuan

Rabu, 14 Sep 2022 - 18:45 WIB
Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Istimewa)

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menerima tiga nama calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta yang diusulkan DPRD DKI Jakarta. Selain itu, Kemendagri juga menambah usulan tiga nama lagi untuk dipertimbangkan Presiden Jokowi untuk dipilih menggantikan Anies Baswedan, sehingga total menjadi enam kandidat.

Stafsus Mendagri bidang Politik dan Media, Kastorius Sinaga menyebutkan, enam nama tersebut nantinya bakal disetor Mendagri Tito Karnavian kepada Jokowi. Nantinya satu nama bakal dipilih Jokowi berdasarkan rapat penentuan yang dipimpin Kepala Negara dan turut dihadiri Mendagri dan kementerian terkait.

“Nama usulan juga berproses dan akan dibawa dan disampaikan oleh Mendagri kepada Bapak Presiden dan nanti akan ada rapat penentuan akhir PJ yang dipimpin oleh Presiden dan dihadiri oleh Mendagri dan pimpinan Kementerian terkait. Karena memang kewenangan penunjukan PJ Gubernur ada di tangan Presiden,” ujar Kastorius, di Jakarta, Rabu (14/9/2022).

Baca juga
Bagi 10 Juta Bendera Merah Putih, Kemendagri Catat Rekor Dunia 

Kastorius tidak mengungkapkan tiga nama tambahan yang diusulkan oleh Kemendagri. Dia juga tidak menyebutkan kapan Menteri Tito bakal menyetor enam nama kepada Jokowi.

Menurutnya, enam nama tersebut bakal menjalani tahapan verifikasi administrasi dan pemenuhan syarat formil sesuai peraturan perundang-undangan terlebih dulu. Selanjutnya Tim Penilai Akhir (TPA) akan melakukan peninjauan dan menentukan pilihan terhadap enam nama yang bakal diajukan untuk menggantikan Anies Baswedan.

“Kemendagri mengapresiasi langkah DPRD DKI yang dengan baik telah melaksanakan arahan dan perintah Mendagri lewat surat Mendagri ke Ketua DPRD DKI untuk menjaring dan mengusulkan tiga nama calon PJ Gubernur DKI. Tadi pagi hari ini Mas Prasetyo, Ketua DPRD DKI telah berkunjung ke Kemendagri, diterima di ruang sekjen,” jelasnya.

Baca juga
Blusukan di Pasar, Inilah Perintah Jokowi untuk Mendag Zulhas

Dia menegaskan, proses pemilihan Pj Gubernur DKI Jakarta berjalan secara demokratis karena menjaring aspirasi dari banyak pihak secara transparan dan akuntabel. DPRD DKI mengusulkan  Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi, Sekretaris Daerah DKI Marullah Matali dan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri Bahtiar kepada pemerintah untuk dipilih salah satu menjadi Pj Gubernur.

“Proses penjaringan dan pengusulan tersebut kami simak menjadi model yang baik di dalam proses pengusulan nama sesuai arahan dari Bapak Mendagri agar proses penjaringan dan pengusulan calon Pj berlangsung demokratis, transparan dan akuntabel,” sebutnya.

 

Tinggalkan Komentar