Minggu, 29 Januari 2023
07 Rajab 1444

6 Rekomendasi HP Samsung Lipat Flip Layak Beli di 2023

Sabtu, 21 Jan 2023 - 02:20 WIB
Penulis : Vauri Audiah
Editor : Ibnu Naufal
samsung lipat terbaru
Rekomendasi Samsung Galaxy Lipat (Flip) Terbaru 2023 (Foto: Getty images)

Anda mungkin masih cukup ingat dengan era ponsel lipat yang banyak diminati di era tahun 2000-an. Pada saat itu, banyak orang menggemari ponsel tersebut karena desainnya yang unik, ringan, serta compact saat digenggam di tangan maupun dimasukkan ke dalam saku.

Namun, sejak kemunculan smartphone android maupun iOS, ponsel lipat mulai hilang pamor. Keberadannya tergantikan dengan handphone pintar yang hadir dengan beraneka macam fitur.

Kendati demikian, perusahaan teknologi raksasa asal Korea Selatan, yaitu Samsung, berhasil membawa tren ponsel lipat kembali bersinar di tahun 2019 kemarin. Ini ditandai dengan peluncuran Samsung Galaxy Fold.

Di awal peluncuran, Samsung Galaxy Fold sempat diragukan keberhasilannya karena dibanderol dengan harga yang mahal. Namun ternyata, hal tersebut di luar prediksi, sebab sambutan pasar cukup baik.

Respons baik dari masyarakat tersebut membuat Samsung semakin optimis dalam merilis ponsel-ponsel dengan fitur layar lipat. Tentunya, dari segi harga, Samsung pun melakukan perbaikan dan menawarkan harga yang tidak jauh berbeda dari kompetitornya, seperti Xiaomi, Motorola, Huawei, dan lain-lain.

Rekomendasi HP Samsung Lipat (Flip) Terbaru

Bagi Anda yang tertarik membeli salah satu produk andalan ponsel lipat dari Samsung, berikut rekomendasi pilihan seri dan tipe Samsung lipat (Flip) terbaru di 2023:

1. Samsung Galaxy Z Flip 4

samsung lipat terbaru
Samsung Galaxy Z Flip 4. Foto: Getty Images

Galaxy Z Flip 4 hadir dengan layar depan berukuran 1,9 inci Super Amoled. Saat dibuka akan terbentang layar 6,7 inci yang mendukung adaptive refresh rate 120 Hz. Layar HP ini pun bisa ditekuk karena merupakan smartphone layar lipat (foldable) dengan panel Dynamic AMOLED 2X.

Pengguna akan semakin merasakan pengalaman seru bersama Galaxy Z Flip 4 ketika layarnya dilipat dengan sudut sekitar 75 – 115 derajat. Samsung menjuluki mode lipatan ini dengan Flex Mode.

Galaxy Z Flip 4 memiliki daya baterai sebesar 3.700 mAh, serta telah mendukung pengisian daya super cepat, yang diklaim bisa mengisi 50% dalam waktu 30 menit dengan 25W adapter. Hadir dengan empat pilihan warna, yaitu, Pink Gold, Bora Purple, Blue, dan Graphite.

2. Samsung Galaxy Z Fold 4

Samsung Galaxy Z Fold 4 - inilah.com
Samsung Galaxy Z Fold 4. Foto: Getty Images

Samsung Galaxy Z Fold 4 hadir tidak hanya digunakan untuk menunjang produktivitas penggunanya, tetapi juga digunakan untuk kebutuhan profesionalitas. 

Hadir dengan layar depan 6,2 inci dan layar bagian dalamnya 7,6 inci, membuat pengguna merasakan kenyamanan saat menyelesaikan pekerjaan secara multitasking. Apalagi smartphone ini ditunjang dengan pena stylus S pen.

Galaxy Z Fold 4 memiliki daya baterai sebesar 4.400 mAh yang didukung super fast charging. Menggunakan adapter 25W, smartphone ini diklaim dapat mengisi 50% hanya dalam waktu 30 menit saja.

3. Samsung Galaxy Z Fold 3

Samsung Galaxy Z Fold 3 - inilah.com
Samsung Galaxy Z Fold 3. Foto: Getty Images

Desain Galaxy Z Flip 3 sekilas tak jauh berbeda dengan Galaxy Z Flip 4. Ketika dibentangkan, kedua ponsel ini memiliki layar utama berpanel Foldable Dynamic AMOLED 2X dengan ukuran 6,7 inci, resolusi Full HD Plus, dan refresh rate 120 Hz. 

Hadir pada Agustus 2021, Samsung Galaxy Z Fold 3 memiliki dapur pacu serta ketahanan bodi yang meningkat dibanding Z Fold 2. Hal itu karena smartphone ini mengandalkan Snapdragon 888 dengan dukungan RAM 12 GB LPDDR5. Bisa dipastikan semua game Android bisa disematkan ke dalam ponsel lipat ini tanpa kecuali.

Tidak hanya itu, Galaxy Z Fold 3 ini juga dibekali dengan lapisan Corning Gorilla Glass Victus yang membuatnya tahan banting, sekalipun sudah terjatuh ke permukaan beton dari atas ketinggian mencapai 2 meter.

4. Samsung Galaxy Z Flip 3

Samsung Galaxy Z Flip 3 - inilah.com
Samsung Galaxy Z Flip 3. Foto: Getty Images

Samsung Galaxy Z Flip 3 menjadi salah satu HP Samsung lipat terbaru yang juga diliris di tahun 2021. HP ini juga mengusung layar yang bisa dilipat pada bagian tengahnya. 

Meskipun termasuk HP lipat, namun desain Galaxy Z Flip 3 sedikit berbeda dengan Galaxy Z Fold 3. Hal itu dapat dilihat dari layarnya yang bisa di-unfold agar bisa seukuran tablet. Sementara itu, Flip 3 justru bisa di-fold agar ukurannya menjadi lebih compact.

5. Samsung Galaxy Z Fold 2

Samsung Galaxy Z Fold 2 - inilah.com
Samsung Galaxy Z Fold 2. Foto: Getty Images

Samsung Galaxy Z Fold 2 merupakan generasi kedua dari seri Galaxy Fold. Tentunya masih menghadirkan dua layar Infinity-O yang nyaris tanpa bezel.

Spesifikasi untuk versi Galaxy Z Fold 2 dibekali dengan Qualcomm Snapdragon 865+, yang terdiri dari dua varian, yaitu internal 256 GB dengan RAM 12 GB. Sementara itu, varian kedua juga dibekali dengan memori RAM yang sama, namun dengan kapasitas memori internal yang lebih besar, yaitu 512 GB.

6. Samsung Galaxy Z Flip

samsung lipat terbaru
Samsung Galaxy Z Flip. Foto: Getty Images

Samsung Galaxy Z Flip adalah ponsel lipat Samsung yang dirilis pada tahun 2020. Target pasar HP ini memang ada di kelas atas. Sehingga, tidak mengherankan jika gaya dan nilai prestise yang ditawarkan lebih tinggi dibandingkan HP kelas atas yang ada.

Samsung Galaxy Z Flip secara spesifikasi berada di bawah keluarga Samsung Galaxy S20. Namun, harga HP ini lebih mahal dari ketiga seri Galaxy S20. Hal itu karena Samsung Galaxy Z Flip menggunakan teknologi layar lipat yang lebih modern yang belum banyak diadopsi oleh smartphone lainnya.

Tinggalkan Komentar