Selasa, 17 Mei 2022
16 Syawal 1443

60 Warga Aceh Terdeteksi Probable Omicron

60 Warga Aceh Terdeteksi Probable Omicro

Sebanyak 60 warga Aceh positif probable COVID-19 varian Omicron. Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Aceh memintan warga disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Dari 68 sampel yang kita periksa, teridentifikasi probable Omicron 60 sampel. Data sebaran ada di Dinas Kesehatan Aceh,” kata Kepala Balai Litbangkes Aceh Fahmi Ichwansyah di Banda Aceh, Rabu (23/2/2022).

Balai Litbangkes Aceh sudah melakukan S-Gene Target Failure (SGTF) untuk mengetahui probable Omicron. Dari 68 sampel usap warga positif COVID-19 yang diperiksa, hanya 60 sampel yang dinyatakan probable Omicron.

Oleh karena itu, lanjut dia, perlu pemeriksaan Whole Genome Sequencing (WGS) untuk mengkonfirmasi 60 sampel probable Omicron itu positif terinfeksi COVID-19 varian Omicron atau tidak.

Baca juga
Kapolda Metro sebut Tak Ada Pengamanan Khusus dalam Aksi Bela Islam 2503

“Sampel yang teridentifikasi probable Omicron kami serahkan ke posko COVID-19 Aceh untuk dikirim ke laboratorium rujukan nasional di Jakarta, untuk dipastikan Omicron,” katanya.

Balai Litbangkes Aceh mulai melakukan pemeriksaan SGTF sejak beberapa pekan terakhir. Namun, kata dia, pemeriksaan sempat terhenti dalam beberapa hari ini karena kehabisan kit reagen.

Namun kini pihaknya sudah bisa kembali melakukan pemeriksaan SGTF setelah mendapatkan bantuan tiga kit reagen dari bagian logistik reagen COVID-19 di Jakarta pada, Selasa (22/2).

Pihaknya juga telah menghubungi posko COVID-19 Aceh dan jejaring laboratorium COVID-19 seperti Labkesda Aceh, Lab RSUD Datu Beru, Lab Kesrem Kota Lhokseumawe, Lab FK-USK Unsyiah, Lab RSUD Kota Langsa agar mengirim sampel positif COVID-19 untuk diperiksa probable Omicron.

Baca juga
Foto: KSP dan Nestle Dukung Percepatan Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

“Bila hari ini ada masuk sampel, maka besok kita akan mulai lagi pemeriksaan SGTF,” tutupnya.

Tinggalkan Komentar