Selasa, 16 Agustus 2022
18 Muharram 1444

7 Anime Populer yang Dilarang Tayang di Dunia, Attack on Titan hingga Death Note

Sabtu, 06 Agu 2022 - 11:21 WIB
Anime
Anime yang dilarang di dunia.(Foto Manga Thrill)

Konten atau tayangan anime alias animasi khas Jepang rupanya tak selalu digemari dan bebas untuk disaksikan. Bahkan, ada sejumlah anime yang dilarang untuk ditayang di sejumlah negara.

Beberapa negara melarang tayangan anime tertentu karena dianggap tidak cocok untuk penontonnya, khususnya bagi kalangan anak-anak. Sebab, anime yang dilarang ini memuat kontroversi, konten seksual, hingga kekerasan.

Dirangkum dari situs Whatnerd, Berikut daftar anime yang dilarang tayang di sejumlah negara beserta alasannya.

1.Attack on Titan (Dilarang di China)

Foto Comicbook

Anime populer yang masuk daftar pertama adalah Attack on Titan (Shingeki no Kyojin), yang dilarang beredar di negara China. Karena visualnya yang berdarah, menjijikkan dan mengganggu, telah dilarang di negeri tirai bambu itu.

Sementara jutaan penonton menyukai anime ini, China menganggap anime ini menggambarkan banyak kekerasan berlebihan yang sangat tidak sehat bagi penonton yang lebih muda.

Meski begitu, jika Anda berusia 18 tahun ke atas, jangan lewatkan Attack on Titan. Karena karya dari Hajime Isayama ini merupakan salah satu anime dengan alur cerita terbaik!

2.Shoujo Tsubaki (Dilarang di mana-mana)

Foto WPbetter

Memiliki alur cerita yang sangat gelap, menyedihkan, dan intens dan dianggap sebagai salah satu film anime paling kontroversial yang pernah ada. Ini adalah film anime tahun 1992 tentang seorang gadis muda yang ibunya meninggal. Gadis itu bertemu dengan seorang pria yang mengatakan kepadanya bahwa dia akan membantunya jika dia membutuhkan sesuatu.

Jadi, setelah kematian ibunya, dia pergi mencari pria itu dan berakhir di sirkus di mana dia dilecehkan dan diperkosa. Jadi, Shoujo Tsubaki adalah tentang pelecehan seksual anak dengan adegan berdarah yang tak tertahankan.

Visual yang mengerikan dan mengganggu dari anime ini membuat banyak penonton trauma – sampai-sampai kaset film ini juga ikut hancur. Oleh karena itu, Shoujo Tsubaki dilarang hampir di mana-mana, termasuk Jepang sendiri.

3. Osomatsu-san (Dilarang di Jepang)

Foto dafunda.com

Episode pertama Osomatsu-san dilarang tayang di negara asalnya, Jepang. Animasi asal Jepang ini dianggap melanggar undang-undang hak cipta di Negeri Sakura.

Baca juga
Gaji Shin Tae-yong Tertinggi di Asia Tenggara, Mendekati Upah Manajer Klub Liga Inggris

Sebab, episode pertama anime ini tidak berisi konten asli, melainkan parodi konten anime populer lain, seperti Attack on Titan, Dragon Ball Z, Naruto, Sailor Moon, dan lainnya. Episode pertama Osomatsu-san pun ditarik dari berbagai situs streaming di Jepang.

4. Excel Saga (Dilarang di Jepang)

Foto Gwigwi

Anime Excel Saga termasuk salah satu yang dilarang tayang di dunia karena memuat konten seksual khususnya di episode terakhir.

Episode terakhir Excel Saga juga dilarang tayang di Jepang karena berisi konten adegan seksual yang tidak pantas dan keras. Sutradara Excel Saga Shinichi Watanabe mengaku episode terakhir memang sengaja dibuat kontroversi agar dilarang.

Baca juga
Koalisi Indonesia Bersatu tak Ganggu Kinerja Pemerintahan

Akibatnya, episode terakhir Excel Saga ditarik dan hanya bisa ditonton di DVD serial.

5.Death Note (Dilarang di China)

Foto Dorama

Salah satu anime populer, Death Note, seperti Attack on titan rupanya juga dilarang tayang di China. Kabarnya, animasi asal Jepang yang bercerita soal kematian, keadilan, dan pembunuhan itu menginspirasi anak-anak di Negeri Tirai Bambu untuk menulis nama orang yang mereka tidak suka, seperti konten di Death Note.

Karya dari serial manga shōnen Jepang yang ditulis oleh Tsugumi Ohba ini pun tidak lolos sensor di China. Tak hanya China, Rusia kabarnya juga melarang penayangan Death Note.

6.Pokemon (Dilarang di Arab Saudi)

Foto animeworld

Pokemon mungkin adalah anime paling terkenal dan polos yang pernah ada. Ramah anak dan tampilan karakternya yang sangat lucu. Jadi, mengapa pertunjukan tentang Satoshi dan monster sakunya dilarang? Otoritas agama Arab Saudi menyatakan bahwa Pokemon mempromosikan perjudian dan sentimen Yahudi.

Sejak itu, ada banyak teori konspirasi seputar pertunjukan yang mengklaimnya sebagai konspirasi Zionis. Jadi, itu dilarang di Arab Saudi. 

7.Kite (Dilarang di Norwegia)

Foto akamaize

Kite menceritakan kisah seorang gadis yang menggunakan peluru untuk membunuh orang dan membuatnya meledak. Sekarang, Anda pasti berpikir bahwa sifat kekerasan dari tayangan itu membuatnya dilarang di Norwegia. Tidak! bukan itu kasusnya. Kite dilarang di Norwegia karena adegan kekerasan seksual yang sangat vulgar pada anak di bawah umur.

Norwegia memiliki undang-undang yang sangat ketat terhadap pornografi anak, sehingga seluruh anime dilarang. Demikian pula, Amerika Serikat juga menyensor dan menghapus bagian-bagian tertentu dari film tetapi tidak dilarang di sana.

Tinggalkan Komentar