Sabtu, 28 Mei 2022
27 Syawal 1443

7 Camilan Khas yang Jadi Primadona saat Perayaan Imlek

Camilan Imlek- inilah.com
Istockphoto

Sudah menjadi tradisi saat perayaan Imlek, keluarga menyuguhkan makanan-makanan untuk disantap bersama sanak keluarga maupun kerabat yang datang ke rumah. Sebagai bentuk rasa syukur dan menjadi ajang silaturahmi.

Selama perayaan Imlek, setiap keluarga akan menyiapkan berbagai makanan ringan dan buah-buahan, baik untuk keluarga maupun tamu. Camilan ini pun tidak hanya sekadar untuk pelengkap saat berbincang saja tapi juga memiliki arti atau simbol tersendiri untuk tahun baru.

Melansir China Highlights, berikut ini adalah tujuh camilan Tahun Baru Imlek yang menjadi ciri khas saat perayaan Imlek.

1.Kurma Merah

Merah adalah warna keberuntungan di China yang berarti makmur. Kurma merah pun selalu ada dalam acara-acara sukacita termasuk festival, upacara pernikahan, pesta pindahan rumah dan peringatan satu bulan kehidupan bayi.

Baca juga
Apa Kabar Pariwisata Pulau Dewata? The Nusa Dua Menjawab Begini

Istockphoto 1294302027 612x612 - inilah.com

Sebagai camilan Tahun Baru Imlek, kurma merah disajikan sebagai buah kering. Anda bisa memakannya langsung atau memotongnya untuk dijadikan teh. Kurma merah merupakan sebuah simbol untuk kekayaan dan kemakmuran.

2.Kacang Tanah

Kacang tanah juga disebut “kacang umur panjang” yang melambangkan vitalitas, umur panjang, kekayaan, dan kehormatan. Sebagai camilan Tahun Baru Imlek, kacang selalu terasaji tanpa kulit.

Ada banyak cara memasak kacang tanah, seperti merebusnya dengan air atau air garam dan menggorengnya. Kacang tanah adalah makanan bergizi dan bisa dimakan mentah. Orang China percaya bahwa memakannya mentah lebih baik.

3.Kelengkeng Kering

Lengkeng kering melambangkan reuni. Ini adalah camilan Tahun Baru Imlek teratas karena makna tersiratnya.

Baca juga
Pernyataan Gus Yahya Warning bagi Cak Imin, Bila Serius PKB Partai Gurem

Pengobatan tradisional Tiongkok mengatakan bahwa makan lengkeng kering dapat menyehatkan vitalitas seseorang. Biasanya lengkeng kering kombinasi tanpa kulit. Anda bisa memakan dagingnya secara langsung atau untuk membuat teh.

4.Biji Bunga Matahari

Dalam budaya tradisional Tiongkok, biji bunga matahari melambangkan punya banyak anak dan cucu.

5.Permen

Permen melambangkan kehidupan yang manis. Mereka adalah makanan ringan yang sangat penting untuk Tahun Baru China. Makan permen mewakili kejadian manis atau mendapatkan awal yang manis di tahun mendatang.

Beberapa manisan biasanya punyab kemasan dalam kotak emas berbentuk angka keberuntungan atau yuanbao (jenis mata uang Tiongkok Kuno) yang melambangkan kekayaan.

Baca juga
Tips Aman Mendaki Gunung untuk Perempuan Tetap Higienis

6.Bola biji wijen atau onde-onde

Istockphoto 1339946307 612x612 - inilah.com

Onde-onde adalah jenis gorengan yang terbuat dari tepung ketan yang mengandung pasta kacang merah, gulungan dalam biji wijen putih, dan tersaji goreng. Mereka renyah di luar dan lembut di dalam. Onde-onde melambangkan tekad yang bulat dan rasa syukur terhadap Sang Pencipta.

7.Kue tambang atau untir-untir

Gorenan Makanan  ini sedikit lebih keras jika membandingan dengan onde-onde. Kue tambang memiliki makna sebagai reuni.

Tinggalkan Komentar