7 Fakta Menarik yang Bakal Tersaji di IBL 2022

IBL Basket 2022 - inilah.com
Foto IBL

Musim kompetisi Indonesian Basketball League (IBL) 2022 mulai bergulir akhir pekan ini.

Kompetisi tahun ini akan terbagi dalam 2 divisi (Merah dan Putih). Pertandingan juga tayang  melalui live streaming Youtube IBL TV.

DKI Jakarta terpilih untuk menggelar seri perdana pada 15-22 Januari karena animo dan antusiasnya yang sudah terkenal sangat baik.

Selanjutnya, Kelima kota lainnya yang bakal menjadi tuan rumah IBL 2022 adalah: Bandung (Seri-2), Yogyakarta (Seri-3), Solo (Seri-4), Surabaya (Seri-5), dan Denpasar (Seri-6).

Sebelum merasakan atmosfer pertandingan IBL 2022, berikut ada tujuh fakta menarik kompetisi bola basket tertinggi di tanah air musim 2022:

1. Terbesar Sepanjang Sejarah

Ya, dengan jumlah 16 klub mencatatkan IBL 2022 sebagai liga basket dengan jumlah peserta terbanyak sepanjang sejarah.

Sebagai catatan, musim ini ada empat klub baru yang diterima oleh pengelola liga, yakni Tangerang Hawks, RANS PIK Basketball, EVOS Basketball Bogor, dan Bumi Borneo Pontianak.

Baca juga  Persib Bandung Akhirnya Kuasai Puncak Klasemen Liga 1

2. 176 Game

Fase reguler IBL 2022 akan memainkan 176 pertandingan. Ini meningkat dari IBL 2021 yang hanya memainkan 96 game.

Pada babak playoff berlangsung 21 game setelah sebelumnya hanya 15.

Meningkatnya jumlah peserta menjadi penyebab bertambahnya game. Adapun untuk playoff, yang sebelumnya hanya diikuti enam tim, musim ini ada delapan.

3. 12 kota/kabupaten klub IBL

Jumlah kota kontestan IBL 2022 juga meningkat dari IBL 2021. Jika musim lalu, ada sembilan kota yang memiliki klub IBL, kini ada 13 kota/kabupaten.

Ke-13 kota tersebut adalah Jakarta (Satria Muda, Amartha Hangtuah, Pelita Jaya, Indonesia Patriots), Bandung (Prawira), Salatiga (Satya Wacana Saints), Yogyakarta (Bima Perkasa), Surabaya (Dewa United, Pacific Caesar), Timika (NSH Mountain Gold), Denpasar (Bali United), Kabupaten Tangerang (Tangerang Hawks), Kota Tangerang (RANS PIK Basketball, Bogor (EVOS Basketball), Pontianak (Bumi Borneo), Solo (West Bandits).

Baca juga  Gilas Newcastle 3-1, Liverpool Rayakan Kemenangan ke-2000 di EPL

4. 30 pemain asing dan 3 naturalisasi

Ada 30 pemain asing yang terlibat pada IBL 2022. Sebanyak 15 klub menggunakan masing-masing dua pemain asing. Dewa United punya pemain naturalisasi, Jamarr Andre Johnson.

Sedangkan untuk Indonesia Patriots, mereka adalah peserta tamu yang menjadi representasi Timnas Elite Muda. Tentu saja mereka tak menggunakan pemain asing.

Namun, mereka akan punya dua pemain naturalisasi, Serigne Madou Kane dan Dame Diagne.

5. 3 Pemain senior Comeback

Ada tiga pemain senior comeback di IBL 2022. Mario Gerungan, akan bermain di Tangerang Hawks setelah lima musim pensiun.

Xaverius Prawiro yang dua musim menepi akan membela Dewa United Surabaya.

Baca juga  Hasil IBL 2022: Target Tinggi, Rans PIK Malah Keok Lagi

Adapun, Kaleb Ramot Gemilang yang istirahat di IBL 2021 karena pemulihan cedera lutut juga membela Dewa United.

6. Laga Pembuka

Rangkaian pertandingan IBL musim ini akan tersaji dengan laga pembuka Pacific Caesar Surabaya vs Prawira Bandung

Laga tersebut bertanding di Hall Basket Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (15/1/2022) pukul 12.15 WIB.

Duel ini bakal panas dan bakal menampilkan pertarungan sengit.

7. Suporter Boleh Datang Langsung

IBL 2022 bakal berlangsung dengan penonton. Ya, para suporter boleh datang langsung ke venue untuk menonton tim kesayangannya bertanding.

Namun, ini tentunya tetap sesuai protokol kesehatan (prokes) yang telah pemerintah tetapkan. Tiketnya sendiri tersedia dengan jumlah terbatas secara online mulai 11 Januari 2022 di Tokopedia, Gotix, dan Loket.com.

Tinggalkan Komentar