Sabtu, 26 November 2022
02 Jumadil Awwal 1444

7 Tips Memilih HRIS Application yang Cocok untuk Perusahaan

Kamis, 24 Nov 2022 - 19:38 WIB
Penulis : Anton Hartono
HRIS application inilah.com
HRIS application adalah aplikasi berbasis web di dalamnya memuat fitur terintegrasi memudahkan pekerjaan seorang HR (foto: talenta.co)

Launching-nya sistem aplikasi berbasis online ini membuat pekerjaan menjadi lebih fleksibel dan mudah. HRIS application adalah aplikasi berbasis web di dalamnya memuat fitur terintegrasi memudahkan pekerjaan seorang HR.

Banyak sekali saat ini perusahaan yang menyediakan HRIS application di Indonesia dengan penawaran harga dan fitur yang berbeda. Berbicara fitur, apa saja fitur dalam HRIS ini sehingga membuat pekerjaan lebih mudah cepat selesai.

Lalu adakah tips memilih HRIS application agar tidak salah pilih dan bisa merasakan manfaat yang ditawarkan? Dalam ulasan di bawah ini Anda akan menemukan jawaban tersebut.

Fitur di HRIS Application

Setiap jasa yang menawarkan aplikasi ini tentu punya fitur andalannya tersendiri. Namun setidaknya fitur-fitur di bawah inilah yang dapat Anda temukan di HRIS.
1. Penyimpanan Terpusat
Software HRIS tidak hanya menawarkan fungsi pengelolaan data akurat dan mudah. Melainkan di aplikasi ini juga dapat menyimpan rekaman data dengan terpusat. Penyimpanan yang diadopsi ini memang secara terpusat, dengan alasan kemudahan akses data baik secara langsung atau tempo lalu.

Data yang disimpan di sistem ini juga dapat meng-update secara otomatis sesuai inputan terakhir. Sehingga ini juga bisa meminimalisir terjadinya redundant.

2. Evaluasi Kinerja Management
HRIS application selain punya fitur penyimpanan juga mempunyai fitur evaluasi kinerja manajemen. Fitur ini berfungsi untuk memudahkan seorang HR dalam memberikan penilaian kinerja. Penilaian kinerja yang cepat selesai membantu prose pengambilan keputusan lebih cepat.

Sehingga jika terjadinya penurunan performa bisa segera diatasi dan operasional perusahaan lancar kembali. Pelacakan performa masing-masing karyawan mudah di indikasi, karena didalamnya terdapat key performance.

Jadi penyortiran datanya mudah dan lebih terukur secara jelas. Jadi jika Anda mencari HRIS software pastikan di dalamnya terdapat fitur ini agar lebih efektif ketika proses evaluasi.

3. Rekrutmen Karyawan
Jika tanpa software ini perekrutan secara manual dan membutuhkan web tersendiri. Namun, di HRIS application ini sudah memuat fitur perekrutan mudah berbasis jarak jauh dan terintegrasi. Fitur ini menawarkan proses penjadwalan recruitment, interview semua jadi satu di laman tersendiri.

Tidak ada lagi dokumen fisik yang harus dikirimkan, karena seluruh dokumen persyaratan berbentuk file dikirim secara online. Fitur didalamnya juga dilengkapi dengan report lengkap dan dapat dipantau secara fleksibel.
Lalu bagaimana perusahaan mempunyai metode sendiri dalam proses perekrutan?

Tenang saja, fitur di HRIS ini mampu menyesuaikan dengan kebutuhan dan aturan masing-masing perusahaan. Jadi sistemnya ini dapat di custom, dan keamanan data yang terinput juga dipastikan keamanannya.

4. On Boarding Data Otomatis
Setelah mendapatkan kandidat, tugas seorang HR tidak berhenti disitu saja. Selanjutnya adalah proses onboarding. Proses ini adalah pengenalan lingkup perusahaan untuk karyawan baru. Proses pengenalan ini menjadi lebih mudah dan tidak memakan waktu karena bisa secara online.

Baca juga
Cara Menghitung Upah Lembur Karyawan Menggunakan Aplikasi Lembur dan Contoh Menghitungnya

Tidak hanya untuk karyawan baru saja, melainkan boarding tenaga kerja lama juga bisa secara mudah. Karena semua data lamanya sudah masuk di dalam sistem dan tinggal melakukan pembaruan sedikit saja. Fitur ini juga didukung prose offboarding juga tentunya yang bisa digunakan saat ada pengunduran.

Papan Informasi Digital HRIS Application

1. Acces Multilayer Approval
Fitur satu ini fungsinya yaitu untuk mengurangi resiko bocornya data perusahaan. Selain itu dapat menentukan pengontrol software ini sehingga data-data yang ada terjamin keamanannya. Jadi yang dapat mengakses ini sesuai kebijakan perusahaan dan ada porsinya sendiri-sendiri.

Hal ini merupakan cara menjaga dari penyalahgunaan data yang ada. Karena jika ada tenaga kerja yang ingin akses ke bukan ranahnya akan ada peringatan dan diperlukan akses persetujuan dari pemegang kendali HRIS application.

2. Pengelolaan Aset
Selanjutnya fitur yang biasa ada di HRIS adalah pengelolaan aset. Perusahaan tentu mempunyai banyak aset yang perlu di monitor. Melalui HRIS proses monitoring aset menjadi mudah dan praktis. Selain itu fitur ini mampu menyimpan dokumentasi lebih aman dan mudah ketika dicari.

Cara mengelola aset di HRIS juga mampu menghindarkan dari input ganda seperti cara manual. Rekapan pinjaman inventaris oleh karyawan pun juga mampu direkam datanya secara detail. Jadi data yang ditampilkan di dashboard ini selalu update berdasarkan tanggal inputnya.

Tips Memilih HRIS Application Terpercaya

Sudah kenal bukan sekarang dengan fitur di aplikasi HRIS ini? Mengetahui fitur tersebut bisa Anda jadikan acuan ketika ingin memilih HRIS untuk perusahaan. Namun jika Anda masih memerlukan tips memilih HRIS, simak ulasan dibawah hingga akhir.

1. Pastikan Keamanan Data Perusahaan Terjamin
Keamanan data perusahan adalah hal utama yang harus dijaga agar tidak dijatuhkan oleh competitor. Tentu dalam memilih HRIS hal yang harus ditanyakan yaitu tentang keamanan data. Sistem keamanan apa yang digunakan ini harus jelas informasinya, karena ini penting sekali.

Apalagi di HRIS data yang diinput terdiri dari banyak hal, mulai data karyawan, aset perusahaan dan lainnya. Biasanya sistem keamanan yang terjamin telah mempunyai lisensi sertifikasi dikeluarkan oleh ISO.

2. Pilih Software Berlisensi
Sudah memastikan keamanan data yang ditawarkan, berikutnya Anda juga harus memperhatikan lisensi software tersebut. Jangan sampai untuk kepentingan perusahaan Anda memilih software ilegal yang melanggar aturan.

Baca juga
Cara Menghitung Upah Lembur Karyawan Menggunakan Aplikasi Lembur dan Contoh Menghitungnya

Di Indonesia sudah banyak HRIS application buatan anak bangsa dan memiliki legalitas.

Jadi jangan sampai Anda tergiur program dan harganya, tetapi HRIS itu tidak jelas legalitasnya. Karena data dan nama baik perusahaan Anda dipertaruhkan.

3. Kelengkapan Fitur dalam HRIS
Ketika Anda sudah menemukan HRIS berlisensi, selanjutnya Anda perlu mengecek fitur-fiturnya. Pilihlah fitur yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Semakin lengkap fitur yang ada maka kemudahan pengelolaan dan tanggung jawab HR menjadi lebih ringan.

4. Fleksibilitas Akses
Berikutnya yang perlu Anda pertimbangkan adalah kemudahan aksesnya. Tampilan sederhana dan fleksibilitas akses tinggi membuat pengoperasian mudah. Karena HR ini tidak hanya digunakan oleh perusahaan saja, tetapi karyawan dapat mengaksesnya.

Jadi saat Anda memilih fleksibilitas ini juga harus dipertimbangkan. Jangan sampai tujuan perusahaan yang baik, malah memberatkan karyawan di dalamnya.

5. Rekam Jejak dan Testimoni Pengguna Lain
Mengetahui rekam jejak HRIS application dari jasa yang ingin Anda pilih ini juga harus ditelusuri. Karena dengan melakukan penelusuran Anda bisa memastikan kebenaran informasinya. Jika rekam jejak dan testimoni pengguna lain maka hal ini bisa menjadi bahan pertimbangkan.

Lihatlah juga perusahaan mana saja yang pernah ditangani. Semakin banyak perusahaan yang sudah mempercayakan maka menunjukan pelayanan dan kualitas aplikasinya baik.

6. Penawaran Harga
Berikutnya Anda harus mempertimbangkan masalah harga. Pilihlah HRIS application dengan harga yang wajar sesuai dengan kualitas penawaran fiturnya. Jangan sampai Anda tergiur harga murah, namun mendapatkan kualitas yang tidak sesuai.

7. Manfaatkan Fitur Demo
Mengetahui penawaran fitur didalamnya dan juga melihat testimoninya saja rasanya tidak cukup membuktikan. Biasanya beberapa jasa penyedia HRIS ini memberikan fitur demo secara gratis. Karena gratis, fitur demo ini biasanya hanya berlaku selama rentan waktu tertentu saja.

Tanyakan saat Anda tertarik jasa tersebut, apakah menyediakan fitur demo. Apabila ada maka pastikan Anda mencobanya untuk merasakan langsung pengalaman menggunakan software tersebut.

Pilihan HRIS Application Terpercaya di Indonesia

Banyak HRIS buatan anak negeri yang telah dilengkapi dengan lisensi dan juga fitur-fitur menarik. Salah satu software HRIS terpercaya di Indonesia adalah Mekari Talenta. Aplikasi tersebut mempunyai fitur banyak dan terintegrasi dengan banyak sistem.

Persoalan lisensi, HRIS application Talenta ini sudah mendapatkan sertifikasi ISO 27001 dan dalam pelaksanaannya di bawah pengawasan Kominfo. Mengapa aplikasi ini lebih unggul dari HRIS jasa lainnya?

Pertama aplikasi ini memberikan program trial 14 hari secara gratis. Dimana program tersebut dapat Anda manfaatkan untuk menguji langsung kualitas HRIS tersebut. Data yang mampu ditampilkan dan dikelola oleh HRIS ini seperti data kepegawaian, aset perusahaan, grafik demografi pegawai, dan rekrutmen.

Baca juga
Cara Menghitung Upah Lembur Karyawan Menggunakan Aplikasi Lembur dan Contoh Menghitungnya

Sedangkan untuk fitur utama yang ditawarkan oleh HRIS application ini seperti payroll, attendance management, performance employee, dan EES. Jika Anda tertarik dan ingin melihat lebih banyak lagi fitur dari Talenta ini silahkan klik link HRIS application.

Manfaat Penggunaan HRIS Application

Mengapa perusahaan Anda harus segera beralih memakai HRIS application, ini dikarenakan banyak manfaatnya. Manfaat dari penerapan HRIS seperti penjelasan ini.
1. Memudahkan Automasi Kegiatan Berulang
Pekerjaan yang ditangani oleh HR ada kegiatan berulangnya. Kegiatan ini seperti proses absensi, pembayaran, perhitungan pajak dan lain sebagainya. Melalui pemakaian HRIS application kegiatan tersebut dapat di setting otomatis tanpa perlu input satu persatu kembali.

2. Mempersingkat Pengontrolan Pegawai
Manfaat menggunakan sistem HR di perusahaan juga membuat aktivitas kontrol pegawai lebih fleksibel dan mudah. Jika aktivitas ini dapat dipersingkat waktu pengerjaannya, maka HR bisa menghandle urusan lainnya tanpa harus lembur di perusahaan.

3. Menekan Biaya Operasional
Manfaat lainnya jika perusahaan menggunakan HRIS ini adalah menekan penggunaan kertas. Oleh karena itu anggaran untuk dokumen fisik juga menjadi berkurang. Hal ini juga bagus sebagai upaya mengurangi penggunaan kertas dalam mendukung gerakan sadar pelestarian lingkungan.

4. Memudahkan Mendapat Kandidat Pekerja
HRIS ini juga membantu tugas HR dalam merekrut pegawai. Didalamnya telah lengkap dengan fitur perekrutan mulai dari penyerahan file hingga jadwal wawancara pun dapat di custom sesuai kebutuhan. Jadi HR tidak perlu repot membuat web sendiri untuk mengurusi perekrutan karyawan baru.

5. Mempercepat Pengambilan Keputusan
Proses administrasi data dan pengolahan data yang dulunya membutuhkan waktu lama dapat ditangani dengan baik melalui HRIS. Pengelolaan dan rekapitulasi data yang cepat ini berpengaruh pada proses pengambilan keputusan.

Pengambilan keputusan yang cepat dan didasari oleh data-data akurat tentu membawa dampak yang baik. Jadi persoalan yang terjadi dalam perusahaan lebih mudah terpecahkan dengan bantuan HRIS ini.

Bagaimana banyak sekali bukan manfaatnya bila memakai HRIS application ini. Ulasan di atas hanya sebagian manfaatnya saja, karena masih banyak lagi selain itu. Apakah Anda tertarik untuk beralih ke HRIS setelah membaca ulasan panjang di atas.

Anda bisa memikirkannya baik-baik dan mempertimbangkanya terlebih dahulu. Apabila Anda sudah yakin ingin beralih ke HRIS langsung saja kunjungi website resmi Talenta dan untuk berkonsultasi dan tanya-tanya lebih detail mengenai harga dan proses mendapatkannya.

Tinggalkan Komentar