Kamis, 19 Mei 2022
18 Syawal 1443

7 Tips Tidur Nyenyak Berkualitas

Tidur Nyenyak - inilah.com
freepik

Tidak setiap orang memiliki tidur nyenyak dan berkualitas. Ada beberapa tips pendukung agar Anda dapat tidur nyenyak tanpa merasakan susah untuk memejamkan mata.

Memiliki tidur malam yang nyenyak dapat meningkatkan suasana hati, produktivitas bekerja sehari-hari lebih optimal.

Ini juga dapat membantu menjaga tubuh Anda tetap sehat dan lebih mampu melawan penyakit.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda mendapatkan tidur yang berkualitas, alias meningkatkan kebersihan tidur Anda, terlepas dari jenis kelamin Anda.

1. Miliki waktu tidur dan bangun yang konsisten

Ini berarti pergi tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi. Ya, akhir pekan juga, seperti mengutip dari healthline, ditulis di Jakarta, Jumat (4/3/2022).

Baca juga
Pakar Ungkap 5 Tips Diet Sehat Tangkal Omicron

2. Siapkan lingkungan tidur yang baik

Lingkungan tidur yang ideal mendorong tidur yang lebih baik. Anda dapat meningkatkan lingkungan tidur Anda dengan memastikan kamar Anda tenang, gelap, dan nyaman dengan hal-hal seperti tirai kedap cahaya, tempat tidur, dan kasur yang nyaman.

3. Perhatikan apa yang Anda makan dan minum

Tidur penuh atau mengonsumsi kafein dapat menyebabkan kurang tidur. Cobalah untuk tidak makan setidaknya 3 jam sebelum tidur, dan batasi asupan kafein Anda di pagi hari. Menghindari alkohol sebelum tidur juga merupakan ide yang bagus.

4. Kurangi paparan cahaya biru sebelum tidur

Cahaya biru mengacaukan ritme sirkadian Anda dengan menipu tubuh Anda untuk berpikir bahwa ini masih siang hari. Hal ini dapat membuat lebih sulit untuk tertidur. Kurangi paparan cahaya biru di malam hari dengan menghindari waktu menatap layar, termasuk TV, telepon, dan perangkat lain setidaknya 2 jam sebelum tidur.

Baca juga
Cegah Stunting, Penuhi Kebutuhan Gizi Anak Sejak Dalam Kandungan

5. Lakukan sesuatu yang menenangkan sebelum tidur

Mandi air panas atau mandi sebelum tidur telah terbukti membantu orang tertidur lebih cepat dan tidur lebih nyenyak. Beberapa saran populer lainnya adalah membaca, bernapas dalam-dalam, dan meditasi.

6. Olahraga

Selama Anda tidak berolahraga tepat sebelum tidur, olahraga teratur dapat membantu Anda tidur lebih mudah.

Ini juga menurunkan tingkat stres dan kecemasan, yang dapat memengaruhi tidur.

7. Bicaralah dengan dokter Anda

Kondisi medis yang mendasari dan obat-obatan tertentu dapat menyebabkan kurang tidur. Bicaralah dengan tim perawatan Anda jika mengalami kesulitan untuk tidur atau tetap tertidur, atau bangun dengan lelah setelah tidur malam.

Tinggalkan Komentar