Selasa, 06 Desember 2022
12 Jumadil Awwal 1444

8 Fakta Menarik di Balik Megahnya GWK Bali, Tempat Dinner Delegasi G20

Selasa, 15 Nov 2022 - 16:46 WIB
Penulis : Reyhaanah
Editor : Ibnu Naufal
Fakta GWK Bali
Foto: merahputihj

Berbicara tentang Pulau Dewata rasanya tidak pernah akan habis tentang tempat wisata budayanya. Pesona pulau Dewata telah menarik perhatian wisatawan dunia dengan begitu banyak keindahan alam dan keunikan budayanya.

Salah satu spot tempat wisata terbaru yang harus anda kunjungi adalah patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali.  GWK Bali akan menjadi tempat dinner para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Dengan mayoritas penduduk yang beragama Hindu, rasanya tidak lengkap jika belum mengunjungi objek wisata ikonik ini. Apalagi, landmark Bali ini mengombinasikan keelokan alam dan budaya tradisional.

Lalu, ada fakta menarik apa di dalam taman budaya GWK ini?

Inilah 8 fakta menarik GWK Bali yang Inilah.com sajikan dari berbagai sumber:

1. Mitologi Hindu

Nama Garuda dan Wisnu sudah tidak asing lagi bagi pemeluk agama Hindu. Garuda dipercaya sebagai makhluk bertubuh manusia, berkepala burung, dan bisa terbang. Suatu ketika ia mendapati kabar kalau ibunya, Winata menjadi budak oleh kakaknya sendiri, Kadru. Maka dari itu, Garuda bertekad untuk membebaskan ibunya dari jeratan ular yang menjaganya. Namun, ia hanya bisa menebus ibunya dengan mencuri amrita, air suci milik para dewa.

Kemudian, Dewa Wisnu mendekatinya untuk menanyakan alasan mencuri air suci. Mendengar jawaban tersebut, Wisnu pun terharu dan merelakan air suci dewa dicuri dengan syarat agar Garuda kembali lagi dan menjadi kendaraannya.

Baca juga
Meriah Persiapan KTT G20, Sepi di WSBK Mandalika 2022

Mitologi Hindu ini pulalah yang melatarbelakangi semangat melawan penjajahan oleh proklamator, Ir. Soekarno.Bali pun menjunjung tinggi keistimewaan Garuda dengan adanya taman budaya Garuda Wisnu Kencana

2. Pusat Aktivitas Seni Budaya

Sebagai taman budaya, Garuda Wisnu Kencana mengukuhkan dirinya sebagai salah satu pusat aktivitas seni budaya di Bali. Pengunjung dapat menikmati berbagai pertunjukan musik, sendratari, orchestra, hingga fashion show. Pertunjukan seni tradisional, seperti rindik, tari barong, tari kecak, dan joged bumbung adalah pertunjukan wajib yang harus anda saksikan.

Panggung terbuka, Lotus Pond kerap menjadi lokasi pagelaran berskala besar dengan kapasitas 7.500 penonton. Selanjutnya, kawasan ini juga memiliki exhibition gallery sebagai ruang pameran lukisan atau seni rupa lainnya.

3. Simbol Misi Penyelamatan Lingkungan

Patung Wisnu sebagai dewa pemelihara menyiratkan pesan bahwa kawasan ini menjadi simbol kekuatan pemeliharaan alam semesta. Begitupun dengan patung burung raksasa garuda yang menyimbolkan kebebasan dan pengabdian tanpa pamrih. Sehingga, kawasan ini pun melambangkan misi penyelamatan lingkungan dan dunia

4. Kalakan patung Liberty

Selain menonton berbagai pertunjukan, anda juga bisa memandangi betapa mempesonanya Bali dari ketinggian. Datanglah ke area Wisnu Plazza yang menjadi titik tertinggi di Garuda Wisnu Kencana. Bahkan, Patung GWK merupakan patung tertinggi kedua di dunia dengan ketinggian 121 meter. Tinggi tersebut ternyata mengalahkan ketinggian patung Liberty di Amerika Serikat setinggi 93 meter. Bukan itu saja, luas areal publik GWK pun delapan kali lipat dari luas areal Liberty.

Baca juga
Penggunaan Kendaraan Listrik di KTT G20 Jadi Simbol Nyata Transisi Energi Indonesia

5. Tahan Angin Kencang

Sebagai informasi, patung GWK Bali memiliki konstruksi kokoh sehingga mampu menahan angin kencang. Nyoman Nuarta selaku pembuatnya menyebutkan kalau patung ini hanya bisa hancur apabila mendapat terjangan angin sekencang 250 knot. Sedangkan embusan angin di kawasan ini hanya sekitar 10-13 knot saja.

6. Tantang Adrenalin dengan Aktivitas Outdoor

Fakta menarik selanjutnya khusus bagi anda yang suka dengan tantangan. Lotus Pond memfasilitasi aktivitas outdoor seperti flying fox yang siap memberikan pengalaman berkesan di kawasan patung GWK Bali. Selain itu, ada juga wahana marine bridge dengan berjalan di atas ketinggian atau sekedar seru-seruan menjelajahi kawasan ini dengan naik ATV.

7. Spot Foto Instagramable

Tidak usah kehabisan spot foto instagramable di GWK. Kamu justru akan bingung harus memilih di sudut mana untuk menghiasi feed di Instagram atau media sosial lainnya. Bahkan banyak yang memanfaatkan ini sebagai lokasi pre-wedding. Terdapat pula jasa foto studio profesional yang menyediakan pakaian adat Bali. Sehingga, makin terasa suasana budayanya apalagi dengan latar belakang sesuai keinginan.

Baca juga
Bakal Dihadiri Putin, Ini Keuntungan Indonesia dari Presidensi KTT G20

8. Mata air abadi

Masih berkaitan dengan lingkungan sekitar tempat berdirinya GWK, ada sebuah fakta menarik dimana terdapat sumber mata air yang dikeramatkan. Penduduk setempat menyebutnya sebagai Pura Somaka Giri.

Konon katanya, mata air ini tak pernah kering meskipun sedang musim kemarau alias abadi. Sumber mata air ini sudah ada sejak kawasan tersebut belum dibangun jadi GWK lho.

Karena keistimewaan itulah, kabarnya doamu akan terkabul jika kamu berhasil mendapatkan air dari Pura Somaka Giri, yang untuk mendapatkannya perlu meminta izin khusus terlebih dahulu.

Jadi, segera agendakan untuk mengunjungi tempat ini ya sobat Inilah.

Tinggalkan Komentar