Rabu, 01 Februari 2023
10 Rajab 1444

8 Stadion di Indonesia Ini Disebut PT LIB Layak Pakai, JIS Tak Termasuk

Sabtu, 05 Nov 2022 - 10:15 WIB
Penulis : Harris Muda
Editor : Ibnu Naufal
Img 0748 - inilah.com
PT LIB (Foto: inilah.com)

Komisaris Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Juni Rachman mengatakan hanya ada delapan stadion sepak bola yang bestatus layak pakai di Indonesia. Enam di antaranya merupakan venue yang digunakan Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

“Yang layak sekarang ada delapan stadion, ya. Enam stadion sudah layak untuk Piala Dunia, dan ada dua lagi. Jadi, ada delapan stadion yang layak di Indonesia,” kata Juni kepada awak media di Jakarta, ditulis Sabtu (5/11/2022).

Adapun 6 stadion yang menjadi venue untuk Piala Dunia U-20 antara lain, Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Manahan (Solo), Stadion Jakabaring (Palembang), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Baca juga
Tunjuk Nil Maizar, Dewa United Pasang Target Tinggi Musim Depan

“Dua stadion lainnya itu termasuk Stadion Batakan (Balikpapan, Kalimantan Timur) dan Stadion Jatidiri (Semarang, Jawa Tengah),” lanjut Juni.

Menariknya, PT LIB juga tak membicarakan terkait layak atau tidaknya salah satu stadion anyar di Ibu Kota, Jakarta Internasional Stadium (JIS).

Sebelumnya persoalan fasilitas sepak bola sekelas stadion menjadi pusat perhatian menyusul terjadinya peristiwa nahas Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan sedikitnya 135 korban jiwa.

Salah satu temuan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIFP) Tragedi Kanjuruhan pun memastikan bahwa kandang Arema FC itu tidak layak menggelar pertandingan high risk match atau laga dengan risiko tinggi, seperti Arema FC kontra Persebaya.

Tinggalkan Komentar