9 Hari Sebelum Panglima Pensiun, DPR Masih Belum Terima Supres Nama Pengganti Hadi

9 Hari Sebelum Panglima Pensiun, DPR Masih Belum Terima Supres Nama Pengganti Hadi - inilah.com
dok. Puspen TNI

Anggota Komisi I DPR Tubagus Hasanuddin mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum menerima surat dari Presiden (Supres) terkait pergantian Calon Panglima TNI.

“Belum tahu sepertinya belum ada,” kata TB Hasanuddin kepada Inilah.com, Sabtu (30/10/2021).

Sebelumnya ia menduga, Presiden akan menyerahkan nama Calon Panglima TNI usai pelaksanaan PON XX Papua pada 15 Oktober karena Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ditugaskan Jokowi sebagai penanggung jawab pengamanan PON.

Namun hingga saat ini belum ada surat dari Presiden ke DPR.

Marsekal Hadi Tjahjanto akan pensiun pada 8 November mendatang. Sementara DPR baru akan membuka masa sidang usai reses pada 1 November 2021. 

Baca juga  Bukan Panglima TNI, KSAD Andika Perkasa Kawal Jokowi Terbang ke Eropa

Belum diketahui bagaimana mekanisme uji kelayakan dan kepatutan Panglima TNI nanti.

Sebagai informasi, Hadi berasal dari Matra Angkatan Udara menjabat Panglima TNI usai menggantikan Jenderal (purn) Gatot Nurmantyo pada tahun 2017 lalu. Hadi dilantik menjadi Panglima TNI pada Jumat 8 Desember 2017. Hadi juga menjadi Panglima TNI terlama dalam beberapa dekade terakhir.

Terkait calon Panglima, DPR menerima siapapun Calon yang akan diajukan oleh Presiden. TNI memiliki banyak Jenderal terbaik untuk menggantikan Marsekal Hadi.

“Siapa saja (calon Panglima TNI DPR terima, red),” ujar TB Hasanuddin yang juga politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu.

Baca juga  Rocky Gerung Disomasi Sentul City, Rumahnya Diancam Dirobohkan

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, jabatan Panglima TNI bisa atau dapat dijabat secara bergantian oleh perwira tinggi militer dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

Sebelum Hadi Tjahjanto, Panglima TNI dijabat oleh Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo yang berasal dari TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Moeldoko dari TNI Angkatan Darat, dan Laksamana TNI Agus Suhartono dari TNI Angkatan Laut.

Saat ini terdapat tiga kandidat kuat yang berpotensi menjadi Panglima TNI. Ketiganya yaitu Jenderal TNI Andika Perkasa (KSAD), Laksamana TNI Yudo Margono (KSAL) dan Marsekal Fadjar Prasetyo (KSAU). Namun nama KSAL Yudo Margono semakin menguat menjadi the next Panglima TNI.

Baca juga  Puluhan Rumah di Bandung Barat Terendam Banjir

Tinggalkan Komentar