Ada Penentang Formula E dalam Konferensi Pers Dukungan IMI

Ada Penentang Formula E dalam Konferensi Pers Dukungan IMI - inilah.com
Bamsoet didampingi Prasetyo Edi Marsudi menerima Alberto Longo selaku Co-Founder Formula E (foto: Instagram @bambang.soesatyo)

Keputusan FIA sebagai organisasi ikatan motor dunia yang menunjuk Indonesia, khususnya Jakarta sebagai tuan rumah balap ABB FIA Formula E pada 4 Juni 2022 banjir dukungan. Salah satunya dari Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo yang akrab disapa Bamsoet.

Dengan didampingi Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi, Bamsoet menerima kunjungan Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E Alberto Longo di Jakarta.

Padahal diketahui Prasetyo menjadi tokoh paling getol menggulirkan hak interpelasi kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait balapan Formula E.

Dalam siaran persnya Sabtu (16/10/2021), Bamsoet mengatakan penunjukan sebagai tuan rumah Formula E melengkapi agenda besar Indonesia menggelar kejuaran balap berkelas dunia di Lombok yang pada tahun 2022 juga dipercaya menjadi tuan rumah World Super Bike Champinship 19-21 November 2021, Mini GP Februari 2021 dan MotoGP 2022, tepatnya pada 20 Maret 2022, di Sirkuit Internasional Mandalika.

Baca juga  Dua Pekan Terakhir, Polda Metro Ungkap 52 Kasus Kejahatan Jalanan

“Kebanggaan besar bagi Indonesia, keluarga besar IMI siap menyukseskan perhelatan internasional kedua kejuaraan bergengsi tersebut,” kata dia.

Ketua DPR RI ke-20 ini menyebut pujian juga datang dari Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E Alberto Longo yang menekankan pentingnya Jakarta E-Prix bagi Indonesia dan ABB Formula E.

“Bahkan Longo juga mengapresiasi upaya Presiden Joko Widodo dalam mengurangi ketergantungan Indonesia pada energi konvensional, dan beralih pada energi ramah lingkungan, sebuah filosofi yang senada dengan pandangan FEO. Apalagi dalam merealisasikan filosofi tersebut dan untuk mengambil manfaat dari tren mobil listrik dunia, Presiden Jokowi berencana menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi mobil listrik dan baterai mobil,” jelas Bamsoet.

Baca juga  Politikus Demokrat Terlibat Pembantaian Petani Tebu di Indramayu

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, penyelenggaraan Formula E juga sejalan dengan langkah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Presiden Jokowi dalam mewujudkan Jakarta Langit Biru sehingga masyarakat bisa menikmati udara yang bersih.

Penyelenggaraan balapan mobil listrik Formula E ini awalnya mendapat tentangan keras dari sejumlah anggota DPRD DKI dari Fraksi PDI Perjuangan dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Kedua partai ini pun gencar menggaungkan hak interpelasi di rapat paripurna akhir September lalu.

Namun, rapat tersebut ditunda karena tidak kuorum, pasalnya hanya dihadiri 31 orang dari total 105 anggota DPRD DKI Jakarta.

Prasetyo Edi Marsudi, politisi PDI Perjuangan yang merupakan Ketua DPRD DKI, termasuk yang getol menentang gelaran Formula E dan menjadi tokoh terdepan menggaungkan usulan hak interpelasi.

Baca juga  Formula E Jakarta Bakal Disiarkan di Lebih 170 Negara

Tinggalkan Komentar