Selasa, 17 Mei 2022
16 Syawal 1443

Ada Proyek SMS Blast di KPK, Anggarannya Nyaris Rp1 Miliar

Ada Proyek SMS Blast di KPK, Anggarannya Nyaris Rp1 Miliar
Gedung Kpk

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) disebut melakukan tender pengadaan SMS masking atau SMS blast untuk tahun 2022 senilai Rp999.218.000.

Dikutip dari situs lspe.kemenkeu, nama tender tersebut adalah Pengadaan SMS Masking LKHPN tahun 2022. Masih dalam situs itu tertulis bahwa lokasi pekerjaan ada di Gedung Merah Putih KPK Jakarta Selatan.

Pengadaan senilai ratusan juta itu bakal menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (ABPN) tahun 2022.

Dalam pelaksanaannya, ada beberapa persyaratan kualifikasi administrasi atau legalitas yang harus dipenuhi oleh perusahaan yang akan mengikuti tender.

Di antaranya memiliki izin usaha berupa SIUP atau NIB, memiliki TDP atau NIB, memiliki NPWP, dan telah memenuhi kewajiban pajak setahun sebelumnya.

Berikutnya, perusahaan wajib memiliki usaha atau kantor dengan alamat yang benar serta wajib membuat surat yang menyatakan sejumlah hal termasuk tidak dalam pengawasan pengadilan, tidak pailit, dan kegiatan usahanya tidak sedang dihentikan.

Baca juga
Twitter Siapkan Format Tulisan Panjang

Sementara untuk kualifikasi teknis, ada sejumlah hal yang harus diikuti di antaranya perusahaan paling tidak pernah menyediakan jasa yang sama di lingkungan pemerintah maupun swasta, termasuk pengalaman subkontrak.

Terhadap tender ini, ada 19 peserta yang ikut serta dan dimenangkan oleh PT Elpia Internusa Sistematatika. Perusahaan yang beralamat di Ruko BSD Sektor 1-1 RC-2 Nomor 10, Rawabuntu, Tangserang Selatan ini memberikan harga penawaran Rp851.554.000.

Sebenarnya, ada satu perusahaan lain yang juga lolos evaluasi kualifikasi, pembuktian kualifikasi, evaluasi administrasi, dan evaluasi teknis yaitu PT Smart Milenium Effsiensi. Hanya saja, disebutkan perusahaan ini mengajukan penawaran Rp996.998.200 atau lebih dari anggaran yang tersedia.

Baca juga
Ikatan Alumni Widyagama Malang Dilantik, Komunikasi Diintensifkan Melalui Tracer Study

Proyek SMS Blast ini ‘langsung dirasakan’ sejumlah warganet yang menuliskannya di Twitter sejak semalem.

Sejumlah warganet merasa aneh karena tiba-tiba mendapat SMS blast. Isinya, pesan-pesan moral yang tidak berkaitan dengan tema pemberantasan korupsi.

Di postingan lain, ada juga warganet yang menampilkan tangkapan layar bahwa SMS yang diterima, datang dari Ketua KPK. Meski tak tertulis nama lengkap sang ketua pemberantasan korupsi.

Isinya seperti ini: Manusia sempurna, bukanlah manusia yang tidak pernah berbuat salah, tetapi manusia yang selalu belajar dari kesalaha. Ketua KPK RI.

Sontak SMS Blast dari Ketua KPK ini mendapat respon beragam dari di Twitterland. Meski lebih banyak yang menyindir.

Baca juga
Pendiri Twitter Jack Dorsey Lepas Semua Jabatan

“Halo @KPK_RI daripada kirim SMS soal Manusia Sempurna, lebih baik kirim SMS soal Harun Masiku yang maish Buron plus kasih Hadiah bagi masyarakat yang kasih info,” komentar Buya Eson @emerson_yuntho.

“Ini ngapain KPK ngirim sms blast begini anjir. Uda kayak langganan reg (spasi) bijak,” cuit akun @hubbusysyuhada.

“Dapet sms dari Ketua KPK RI..wiii ngerrrii,” tulis @pandulistya.

Ada juga beberapa warganet yang langsung memblok nomor dan pesan tersebut lantaran takut.

“Tiba-tiba dapat SMS dari KPK adem bgt lagi, mesti balas kek gimana ini?” bingung @arianagafar.

Tinggalkan Komentar