Senin, 23 Mei 2022
22 Syawal 1443

Ada Will Smith Tampar Chris Rock, Penonton Oscar Meningkat 56 Persen

Oscar inilah.com
Foto ABC

Diperkirakan sekitar 15,36 juta orang menyaksikan Academy Awards atau Oscar melalui televisi ABC, Minggu (27/3) waktu setempat. Jumlah tersebut meningkat sekitarĀ  56 persen dari pemirsa Academy Awards tahun lalu yang sempat melorot.

Dikutip dari Variety pada Selasa (29/03/2022), acara penghargaan yang dipandu oleh Regina Hall, Amy Schumer, dan Wanda Sykes itu meningkat 56 persen dibandingkan jumlah penonton yang sempat rendah tahun lalu. Menurut data awal pada 2021, Oscar hanya menarik 9,85 juta pemirsa.

Sementara itu, data akhir “Live & Same Day” Nielsen untuk Academy Awards ke-94 akan diumumkan segera. Data ini mencakup penonton di luar rumah dan streaming langsung.

Baca juga
Jadi Kepala IKN, Bambang Susantono Terakhir Lapor Harta Rp4,6 Miliar pada Tahun 2014

Menurut data akhir “Live & Same Day” tahun lalu, acara Oscar tanpa pembawa acara menarik rekor terendah dengan 10,5 juta pemirsa dan memperoleh peringkat 2,2 dengan kunci demografis pemirsa berusia 18 hingga 49 tahun.

Tahun sebelumnya pada 2020, siaran ini tanpa pembawa menarik rata-rata 23,6 juta pemirsa. Pada 2019, tahun pertama tanpa pembawa acara dalam beberapa dekade terakhir, Oscar ke-91 mendatangkan 29,6 juta pemirsa.

Acara penghargaan pada Minggu (27/3) menandai berakhirnya jeda tiga tahun Oscar tanpa pembawa acara. Terakhir pada 2018, Academy Awards yang dipandu oleh pembawa acara Jimmy Kimmel berhasil menarik 26,6 juta pemirsa.

Baca juga
Selain Obesitas, Ini Penyebab dari Gagal Jantung

Peringkat pemirsa untuk Oscar baru-baru ini datang pada saat hampir semua acara penghargaan mengalami peringkat rendah dan penonton yang lebih sedikit selama pandemi.

Meski tahun ini mengalami peningkatan, jumlah pemirsa itu masih termasuk posisi kedua terendah dalam sejarah. Emmy merupakan satu-satunya siaran penghargaan utama yang menarik lebih banyak pemirsa pada 2021 daripada tahun sebelumnya.

Oscar pada Minggu (27/3) dimulai dengan penampilan jarak jauh Beyonce yang membawakan lagu “Be Alive” yang merupakan soundtrack film “King Richard” dari lapangan tenis di Compton. Suasana Oscar berubah secara tak terduga di sela-sela pertunjukan ketika presenter Chris Rock membuat lelucon tentang Jada Pinkett Smith, kemudian Will Smith naik ke atas panggung dan menampar wajah Rock.

Tinggalkan Komentar