Sabtu, 01 Oktober 2022
05 Rabi'ul Awwal 1444

Ade Rai Ungkap Manfaat Olahraga Jelang Buka Puasa

Kamis, 14 Apr 2022 - 13:02 WIB
Ade Rai
Ade Rai (Istimewa)

Ade Rai yang dikenal sebagai penggiat kesehatan mengungkapkan adanya manfaat olahraga jelang buka puasa. Hal tersebut salah satunya bisa dilihat dari waktu yang dilakukan harus tepat.

“Kalau waktu yang tepat, sebenarnya idealnya ya kalau kita bicara secara hormonal itu the end of fasting itu adalah waktu yang paling tepat untuk kita melakukan aktivitas olahraga,” jelas Ade Rai saat temu media virtual, ditulis di Jakarta, Kamis, (14/4/2022).

Masih menurut Ade, tubuh manusia diistilahkan memiliki dua mode. Pertama disebut mode fat storing yakni saat seseorang makan dan kedua adalah mode fat burning saat seseorang tidak makan.

Untuk mengoptimalkan fat burning, pada saat 8 jam berpuasa, tubuh akan menggunakan sisa-sisa makanan yang ada di dalam tubuh untuk dijadikan energi. Misalnya makanan sisa sahur yang masih ada di dalam tubuh.

Baca juga
Pakar Ungkap Varian Omicron Tidak Miliki Relasi dengan Delta

“Misal di sahurnya, atau sekitar 10 jam ke depan saja dia masih mencari yang namanya cadangan makanan yang masih ada. Uniknya pada saat kita berolahraga di ujung puasa sebelum buka puasa, itu akan mengoptimalkan badan akan mengaktifasi hormon yang namanya sensitive lipase,” kata Ade.

Masih menurut Ade Rai, olahraga sebelum berbuka bisa dilakukan dengan perlahan namun tetap bermanfaat.

“Jadi olahraga sebelum buka saya rasa itu salah satu hal yang baik. Bisa dengan kardio, atau menurut saya yang paling bagus adalah latihan beban,” tambahnya.

Akan tetapi, olahraga latihan beban tidak harus menggunakan alat-alat yang berat. Ade menerangkan bahwa latihan beban pun bisa dilakukan tanpa memerlukan alat apa pun. Contohnya seperti gerakan plank di mana tubuh akan menahan berat badan sendiri sebagai bebannya.

Baca juga
Inovasi dan Terobosan Teknologi Klinik Mata Silc Lasik Center

“Di kepala kita bahwa latihan beban ini harus pakai besi atau yang berat-berat. Jawabannya tidak. Hanya cukup dengan menggunakan tubuh sendiri. Misalnya plank, jadi nggak ngapa-ngapain, diam saja tapi ototnya kerasa,” tambahnya. [ikh]

Tinggalkan Komentar