Sabtu, 03 Desember 2022
09 Jumadil Awwal 1444

ADM Manfaatkan Fasilitas Ekspor Pelabuhan Patimban

Rabu, 09 Mar 2022 - 23:43 WIB
Ekspor Pelabuhan Patimban
(ist)

Sebagai salah satu produsen otomotif dengan kapasitas terbesar di Indonesia, Astra Daihatsu Motor (ADM) turut berpartisipasi mendukung pemerintah dalam meningkatkan devisa negara melalui kegiatan ekspor otomotif dengan memaksimalkan utilisasi Terminal Kendaraan Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat.

Kegiatan ekspor ini dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo yang didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji, dan Bupati Subang Ruhimat pada Selasa (8/3/2022) lalu.

“Sebelumnya direncanakan tahun ini bisa ekspor dari sini kurang lebih 160.000. Melihat progress tiga bulan ini kelihatannya bisa naik menjadi 180.000 mobil untuk ekspor ke Filipina, Brunei Darussalam, Jepang dan juga Vietnam ini saya kira awal. Nanti akan dikembangkan ke negara-negara yang lain sehingga satu bulan kurang lebih dari sini akan bisa diekspor 15.000 mobil (per-bulan) dan ini akan sangat bagus,” ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Baca juga
Penjualan Hyundai di Juli Naik 4 Persen Meski Masih Kekurangan Pasokan Chip

Daihatsu sebagai bagian dari Toyota Group, telah mengekspor kendaraan selain untuk brand Daihatsu sendiri. ADM juga memproduksi dan mengekspor untuk brand Toyota seperti Rush, Avanza, Wigo, Raize, dan Town/Lite Ace; serta brand Mazda dengan model Bongo.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), pada Januari 2022, ekspor kendaraan roda empat CBU (Completely Built Up) produksi ADM berkontribusi sebesar sekitar 49 persen dari total ekspor nasional kendaraan roda empat CBU yang mencapai sekitar 24.000 unit.

Sebagaimana diketahui, produk ADM diekspor hingga ke 75 negara di dunia, mulai dari wilayah ASEAN, Asia Selatan, Asia Timur, Timur Tengah, Afrika, hingga Amerika Latin, yang membuktikan produksi ADM memiliki standar kualitas global, dan telah dipercaya pelanggan hingga ke mancanegara.

Baca juga
GIIAS Semarang Hadirkan Inovasi Otomotif Terbaru dari 9 Merek Anggota GAIKINDO

“ADM turut berpartisipasi dalam usaha kegiatan ekspor kendaraan melalui Pelabuhan Patimban untuk mendukung peningkatan industri otomotif nasional, sekaligus pendapatan devisa negara,” kata Johan, Export Import Division Head ADM dalam keterangannya kepada Inilah.com, Rabu (9/3/2022).

Tinggalkan Komentar