Jumat, 27 Mei 2022
26 Syawal 1443

Adu Kamera Jagoan Low Light realme 9 Pro+ vs iPhone 11 Pro

iPhone 11 vs realme 9 pro+ - inilah.com
iPhone 11 Pro vs realme 9 pro+

Realme terkenal gencar dalam menelurkan beragam seri smartphone terbaru, seperti kali ini yang telah resmi merilis 9 Pro series pada Rabu (16/02) lalu. Produsen mengklaim bahwa seri terbaru ini hadir dengan kualitas kamera flagship namun tetap hadir dengan harga terjangkau, bahkan disebutkan bahwa seri ini memiliki desain kamera yang cukup ikonik terlihat mirip dengan karya Apple, iPhone 11 ke atas. Lalu bagaimana jika performa kameranya kita bandingkan saja.

Sektor kamera memang menjadi hal saat ini mulai dianggap penting, seiring dengan berkembangnya platform media sosial.

Sejumlah vendor ponsel pun sudah banyak yang meningkatkan kualitas dan kemampuan kamera perangkatnya untuk bisa menarik perhatian para pengguna smartphone, terutama para pecinta smartphone photography. Khususnya untuk mengabadikan kondisi pencahayaan rendah (low light).

Dari banyak seri smartphone yang ada, Inilah.com pun  kali telah melakukan uji coba untuk melihat perbedaan hasil kamera dari dua ponsel yang banyak jadi perbincangan terkait kemampuan kameranya.

Kamera realme dan iphone 11 - inilah.com
kamera iphone 11 Pro dan realme 9 Pro+

Spesifikasi kamera

Seri ponsel pertama merupakan ponsel yang baru saja meluncur yakni realme 9 Pro+ menjagokan sensor di kamera utamanya yang menggunakan Sony IMX766 termasuk dalam teknologi ProLight Imaging Technology. Sensor ini diklaim memiliki ukuran lebih besar untuk menangkap cahaya lebih banyak,

Lalu untuk smartphone lainnya, Inilah.com memilih salah satu produk dari Apple yakni iPhone 11 Pro untuk disandingkan dengan hasil kamera realme 9 Pro+.

Baca juga
LG Chem Beli Saham Perusahaan Daur Ulang Baterai Kanada

Keduanya memiliki spesifikasi kamera yang berbeda, namun apakah hasilnya juga akan jelas berbeda?

Jika berbicara soal spesifikasi, realme 9 Pro+ mengusung sensor kamera utama beresolusi 50MP.

Sensor tersebut juga membawa dukungan dari dua sensor lainnya, kamera lensa super-wide 119 derajat di 8MP, dan kamera lensa macro 2MP.

Sedangkan iPhone 11 sendiri memboyong kemampuan dari lensa utama dengan kemampuan 12MP.

Dan lensa penyokong lainnya terdiri dari 12MP lensa ultrawide dan 12MP kamera telefoto.

Dalam kesempatan kali ini, Inilah.com akan mengambil tiga buah foto dari masing-masing perangkat dengan kondisi low light.

Berikut review dan penilaian Inilah.com terkait perbedaan hasil kamera iPhone 11 dan realme 9 Pro+.

Hasil foto

pada uji coba kamera di kondisi malam hari, di foto yang pertama, iPhone 11 Pro menunjukkan kontras warna yang baik walau dalam kurangnya cahaya.

iphone realme - inilah.com
Hasil kamera realme 9 Pro+ dan iPhone 11 Pro (kanan) di indoor malam hari.

Hal tersebut dapat terlihat dari bagaimana kamera dapat mengisolir antara warna kuning yang ada pada action figure terlihat jelas.

Sedangkan realme 9 Pro+ menunjukkan cahaya lampu yang cenderung menyatu antara satu dengan lainnya.

Foto juga terlihat lebih berwarna, namun juga tidak jauh melebihi kondisi aslinya. Membuktikan kalau realme juga mengedepankan color-tuning yang memang sudah teruji.

Meski begitu, kamera realme 9 Pro+ juga dapat menghasilkan warna serta objek batu yang lebih tegas jika kita bandingkan dengan iPhone 11. hasilnya foto yang ditangkap memiliki detail yang tajam di kondisi minim cahaya sekalipun.

Baca juga
Kelangkaan Chip Mulai Pengaruhi Produksi PS5 di Dunia
Photogrid Site 1645220974525 - inilah.com
Hasil kamera realme 9 Pro+ dan iPhone 11 Pro (kanan) di luar ruangan malam hari.

Selain itu, pada foto kedua juga dapat terlihat kalau hasil gambar menggunakan realme 9 Pro+ menampilkan tone warna yang cenderung lebih hijau.

kamera realme iphone- inilah.com
hasil kamera realme 9 Pro+ (kiri) dan iphone 11 Pro

Dan iPhone 11 Pro sendiri justru menghasilkan gambar yang cenderung lebih kuning, sehingga membuat keseluruhan gambar jadi terkesan lebih hangat.

iphone 11
Foto iphone 11 pro
Img20220213205204 - inilah.com
hasil kamera realme 9 Pro+ Komedi Putar dengan mode Expert ISO 100 dan Speed 1 Second

Okay, lantas bagaimana dengan situasi malam hari di luar ruangan, menggunakan mode malam? Yang membedakan antara smartphone flagship dengan kelas lebih terjangkau umumnya adalah tendensi untuk mencerahkan foto, sehingga jadi jauh lebih cerah dan justru tak terlihat seperti kondisi malam hari.

Bila terlihat dari hasil foto kedua smartphone di atas, tentu masih terlihat seperti skenario malam hari. Lagi-lagi, seperti sebelumnya, hasil foto iPhone terlihat cenderung flat, dengan tone warna sedikit lebih hangat dari seharusnya.

Sementara mode malamnya realme membuat warna lebih kaya. Langit lebih terang, pantulan warna pada komedi putar, pencahayaan yang estetik tergambar dengan jelas.

Jika ingin mengambil foto low light dengan efek jejak lampu/lights trails, tinggal memilih mode “Neon trail”. Cara kerjanya pun mudah, saat Neon trail aktif, tinggal pilih objek kemudian tekan shutter. Selanjutnya kamera akan melakuan Long Exposure selama 5 detik, untuk merekam jejak cahaya.

Baca juga
Wuling Kembali Hadirkan Layanan Purna Jual Terbaru, Apa Saja?

Hasilnya, kamu akan mendapatkan foto scene penuh warna-warni nan artistik, layaknya hasil bidikan fotografer profesional dengan kamera DSLR-nya. Kamu bisa melihat beberapa hasil tangkapan memukau kamera realme 9 Pro+ dari jepretan fotografer inilah.com disini

Kesimpulan

Kita masuk dalam hasil akhir pemenang dari uji coba hasil kamera iPhone 11 Pro dan realme 9 Pro+.

Inilah.com menyimpulkan bahwa penggunaan sensor Sony IMX766 pada realme 9 Pro+ yang merupakan sensor flagship, langsung terlihat hasilnya.

Realme 9 Pro+ tak hanya punya sensor yang lebih superior, namun juga fitur ekstra yang ia usung cukup esensial dalam kreasikan konten dari kameranya.

Meski keduanya pun sudah cukup mempuni bagi kamu yang memang menggeluti bidang hobi smartphone photography.

Hanya saja, semua pilihan kembali pada selera masing-masing yang dapat bisa sesuai dengan ulasan yang Inilah.com bagikan tadi.

Untuk harganya, iPhone 11 Pro sudah ada di pasaran dengan kisaran angka mulai dari Rp14 jutaan.

Sedangkan realme 9 Pro+ masih baru tersedia seharga mulai Rp 4,99 jutaan saja.

Untuk mendapatkan opsi varian tertinggi dengan memori 8GB/256GB bisa melalui online pre-order di Shopee, akulaku dan realme.com seharga Rp5,499 juta.

Selain itu kamu akan mendapat kupon potongan senilai Rp200 ribu selama masa pembelian hingga 19 Februari 2022.

Tinggalkan Komentar