Senin, 23 Mei 2022
22 Syawal 1443

Adu Kuat Mahendra, Darwin dan Iskandar Berebut Kursi Ketua OJK

Adu Kuat Mahendra, Darwin dan Iskandar Berebut Kursi Ketua OJK
Menteri Keuangan Sri Mulyani

Panitia seleksi (Pansel) Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), akhirnya menetapkan tiga nama yang bakal bertarung, memperebutkan kursi Ketua Komisioner OJK yang saat ini dijabat Wimboh Santoso.

Ketua Pansel OJK sekaligus Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menyebut ketiga nama tersebut adalah Mahendra Siregar, Darwin SN dan Iskandar Simorangkir. Di mana, Mahendra Siregar saat ini menjabat Wakil Menteri Luar Negeri,

Sri Mulyani menyampaikan hal tersebut didampingi anggota pansel yakni Perry Warjiyo, Kartika Wirjoatmodjo, Suahasil Nazara, Dody Budi Waluyo, Agustinus Prasetyantoko, Muhamad Chatib Basri, Ito Warsito dan Julian Noor. “Sesuai ketentuan pasal 12 UU OJK, Presiden akan memilih dan menyampaikan 14 calon anggota Dewan Komisioner kepada DPR, masing-masing 2 calon untuk setiap jabatan yang kemudian akan dilakukan proses pemilihan oleh DPR,” kata Sri Mulyani di Istana Kepresidenan Bogor, Senin.

Baca juga
Kuncinya Kolaborasi, UMKM Nasional Makin Cepat Naik Kelas dan Go Global

Ketiga calon Ketua Dewan Komisioner OJK ini sudah menjalani empat tahapan seleksi yaitu pertama adalah seleksi administrasi, kedua adalah penilaian makalah sekaligus rekam jejak dan masukan masyarakat serta ketiga adalah asesmen dan tes kesehatan. Sementara seleksi tahap keempat sendiri meliputi wawancara, afirmasi, serta pendalaman terutama terkait kualitas kepemimpinan serta integritas masing-masing calon yang dilakukan mulai 2 hingga 5 Maret 2022.

Berbagai seleksi ini tidak hanya telah dilalui oleh ketiga calon Ketua Dewan Komisioner OJK saja melainkan juga 18 orang lainnya yang terbagi menjadi tiga calon untuk masing-masing jabatan Dewan Komisioner OJK. Sebanyak 18 orang ini meliputi calon Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK yakni Mirza Adityswara, Marwanto dan Mohammad Fauzi Maulana Ichsan.

Baca juga
BI Injeksi Bank Sebesar Rp141,19 Triliun, Ada Bank yang Limbung?

Untuk calon Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan merangkap anggota yaitu Dian Ediana Rae, Agusman dan Ogi Prastomiyono. Untuk calon Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal merangkap anggota meliputi Hoesen, Inarno Djajadi dan Doddy Zulverdi.

Sedangkan tiga nama kandidat Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan dan Lembaga Jasa Keuangan merangkap anggota Dewan Komisioner OJK, yaitu Pantro Pander Silitonga, Iwan Pasila dan Adi Budiarso.

Calon Ketua Dewan Audit merangkap anggota Dewan Komisioner OJK yaitu Hidayat Prabowo, Sophia Issabella Watimena dan Budi Santoso. Sedangkan calon anggota yang membidangi Edukasi dan Perlindungan Konsumen sekaligus anggota Dewan Komisioner OJK yaitu Frederica Widyasari Dewi, Hariyadi dan Difi Johansyah.

Tinggalkan Komentar