Minggu, 29 Mei 2022
28 Syawal 1443

Afrika Selatan Kerahkan 10.000 Tentara Usai Banjir yang Tewaskan 443 Orang

afrika selatan tentara banjir
(ist)

Afrika Selatan mengerahkan 10.000 personel militer mereka untuk membantu pemulihan di wilayah pesisir timur yang baru saja diterjang bencana banjir. Sedikitnya 443 orang tewas dan puluhan lainnya masih hilang akibat banjir dan longsor yang dipicu hujan deras selama berhari-hari itu.

Seperti dilansir AFP, Senin (18/4/2022), sejumlah tentara yang dikerahkan mencakup yang memiliki keahlian soal saluran pipa air dan kelistrikan untuk membantu memulihkan pasokan listrik dan air yang terputus di beberapa wilayah selama sepekan terakhir.

Militer Afrika Selatan menyatakan bahwa tentara-tentara itu juga memberikan akomodasi lapangan dan sistem penyaringan air.

Badai mematikan yang melanda Afrika Selatan telah memicu hujan dengan level parah di Kota Durban dan area sekitarnya di Provinsi KwaZulu-Natal. Menurut data pemerintah, sekitar 40.000 warga kehilangan tempat tinggal dan lebih dari 550 sekolah serta nyaris 60 fasilitas perawatan kesehatan telah hancur.

Baca juga
Foto: Polda Rilis Pengungkapan Kasus Narkoba Jenis LSD Artis Jeff Smith

Pemerintah Afrika Selatan juga mengumumkan dana pemulihan darurat sebesar 1 miliar rand (sekitar Rp980 miliar).

Pasokan air minum masih mengalami kekurangan di banyak area. Namun ruas jalanan utama sudah cukup bersih untuk bisa dilalui truk-truk berat, sehingga otoritas setempat mulai mengerahkan kendaraan tangki pengangkut air ke area-area yang terdampak parah.

Pasokan air mengalir telah dipulihkan ke sejumlah area sepanjang akhir pekan, namun beberapa area lainnya masih harus menunggu lebih lama.

Tinggalkan Komentar