Rabu, 08 Februari 2023
17 Rajab 1444

Agar Merasa Cukup dan Tak Meremehkan Nikmat Allah

Jumat, 31 Jan 2020 - 14:00 WIB
Penulis : Derry Oktriana Syofiadi

HADITS ini penting dipelajari mengajarkan bagaimana bisa nerimo, memiliki sifat qana’ah. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Pandanglah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu (dalam masalah ini). Itulah yang lebih pantas. Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah kepadamu.” (HR. Muslim, no. 2963).

Takhrij Hadits: Hadits ini dikeluarkan oleh Imam Muslim dalam Kitab “Az-Zuhud wa Ar-Raqaiq”, no. 2963 dari jalur Al-A’masy, dari Abu Shalih, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu.

Kosakata Hadits: Asfala minkum, yang dimaksud adalah di bawahmu dalam urusan dunia, yaitu lebih rendah dalam kedudukan, tempat tinggal, dan dalam hal kendaraan.

Faedah Hadits:

- Jika seseorang mengambil nasihat ini, ia pasti akan menjadi orang yang hidupnya sabar, bersyukur, dan ridha.

- Dalam masalah dunia, hendaklah melihat pada orang yang berada di bawah kita.

- Dalam masalah dunia, janganlah pandang orang yang berada di atas kita karena: (a) kita akan meremehkan nikmat Allah; (b) kita akan capek terus mengejar dunia; (c) akan timbul hasad dan tidak suka kepada orang lain.

- Untuk urusan akhirat, hendaklah melihat kepada orang yang berada di atas kita, biar ada yang menjadi teladan dan kita jadi semangat beramal.

[baca lanjutan]