Senin, 30 Januari 2023
08 Rajab 1444

Agus Sujatno, Anggota JAD Jabar dan Pernah Terlibat Kasus Bom Panci

Rabu, 07 Des 2022 - 15:33 WIB
kapolri bandung
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo datangi lokasi bom bunuh diri di Astana Anyar, Bandung, Rabu (7/12/2022) (foto ayobandung)

Kapolri Jenderal Listyo Sigit mengatakan pihaknya telah mengidentifikasi pelaku bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar, Kota Bandung yang terjadi pada Rabu (7/12/2022) pukul 08.15 WIB.

Pelaku bernama lengkap Agus Sujatno alias Abu Muslim yang merupakan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Jabar. Tak hanya itu, Agus juga pernah menyandang status napi teroris (napiter) mendekam di Penjara Nusakambangan.

“Yang bersangkutan pernah ditangkap karena peristiwa bom Cicendo dan dihukum 4 tahun di bulan September-Oktober 2021 bebas. Tentunya kegiatan yang bersangkutan kita ikuti, namun demikian yang bisa dijelaskan. Pelaku terafilasi JAD Bandung atau Jabar,” kata Kapolri saat mendatangi lokasi bom bunuh diri di Astana Anyar, Rabu (7/12/2022).

Baca juga
Bom Bunuh Diri di Astana Anyar Tewaskan Satu Polisi, 8 Lainnya Masih Dirawat

Perihal penahanan itu kata Jendral Listyo, Agus Muslim ditempatkan di Lapas Klas IIA Pasir Putih Nusambangan hingga akhirnya bebas. Listyo sepintas menjelaskan bahwa yang bersangkutan sulit untuk dilakukan deradikalisasi.

“Artinya dalam tanda kutip masuk kelompok yang masih merah (statusnya) tentu untuk proses deradikalisasinya membutuhkan teknik dan taktik yang berbeda. Karena masih susah untuk diajak berbicara cenderung menghindar walaupun sudah mulai melaksanakan aktifitas,” jelas dia.

Sebelumnya, aksi bom bunuh diri terjadi di Mapolsek Astana Anyar saat jajaran kepolisian tengah apel pagi di halaman. Pelaku seorang diri menerobos masuk dan mengacungkan senjata tajam (sajam) ke arah polisi yang sedang berbaris.

Baca juga
Teroris JAD Kalteng Beli Senjata untuk Latihan Tempur

Melihat pelaku dengan bom yang menempel di tubuh dan sajam yang dipegangnya, para polisi pun langsung menjauh. Kemudian tak lama setelah itu tiba-tiba suara ledakan keras terdengar dan pelaku tewas mengenaskan dengan kondisi tubuh yang terbelah menjadi beberapa bagian.

Tinggalkan Komentar