Kamis, 06 Oktober 2022
10 Rabi'ul Awwal 1444

Aher-Demiz dan Warga Makan Gratis di Pesta Rakyat

Jumat, 14 Jun 2013 - 19:52 WIB
Penulis : Jaka Permana
Pesta Rakyat di Halaman Gedung Sate

INILAH.COM, Bandung - Masyarakat tampak antusias menghadiri Pesta Rakyat di Halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro. Mereka berbondong-bondong untuk mencicipi makanan khas Jawa Barat secara gratis.

Pesta Rakyat merupakan bagian dari acara Lepas Sambut Wakil Gubernur Jabar pada Jumat (14/6/2013). Halaman Gedung sate tiba-tiba riuh, pelataran jalan yang biasanya sepi pun penuh dengan stan makanan khas Jabar. Sekitar ribuan orang tumplek disana. Gema suara alunan musik terdengah hingga jalan Diponegoro.

Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan beserta istri, Netty Heryawan, kemudian Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar dan istrinya Gisela Wiranegara, serta mantan Wakil Gubernur Jabar Dede Yusuf beserta istrinya Shendy Yusuf dan beberapa pejabat Pemprov Jabar pun tampak hadir dalam pesta rakyat tersebut.

Tepat di parkir barat Gedung Sate, disediakan tenda khusus bagi para pejabat. Disana mereka disuguhi beberapa makanan asal Jabar. Ahmad Heryawan mendapat suguhan tumpeng. Heryawan memotong bagian atas tumpeng tersebut dan diberikan kepada Deddy Mizwar selaku wakilnya selama 5 tahun kedepan.

Tak hanya itu, Heryawan juga mencicipi jeruk garut. Heryawan sangat terkesan dengan jeruk khas Jawa Barat tersebut.  Menurut dia, Jabar  mempunyai buah lokal yang berkualitas. "Selagi ada buah lokal gak usah beli dari asing. Disini ada jeruk garut dan juga pisang raja cere," kata Heryawan.

Salah seorang warga, Adharianti mengaku sengaja mengunjungi pesta rakyat di gedung sate. Dia bersama tiga anaknya ingin mencicipi makanan khas Jabar. "Makanan disini enak. Saya senang makanan Cirebonan, Betawi sama Priangan. Yang paling enak itu seluruh makanan gratis," kata dia.

Dia mengatakan, ingin mengenalkan makanan khas Jabar kepada anaknya. Selain itu, dia juga ingin melihat sosok dari wakil Gubernur Jabar yang baru.

Hal senada juga dikatakan warga lainya, Kartika Kusnaedi. Dia mengaku senang bisa menghadiri acara tersebut. "Iya sambil jalan-jalan nyimpang kesini. Saya ingin lihat bangunan heritage gedung sate. Dan tentunya ingin makan gratis," aku Kartika.

Namun sayang, dirinya tidak bisa mencicipi seluruh makanan yang dihidangkan dalam acara tersebut. "Tadi saya nyoba ikan asin. Tapi terpaksa harus desak-desakan sama yang lain. Tapi nggak apa-apa sih seru," tuturnya.

Pemprov Jabar menyediakan tiga halaman yakni halaman depan, barat dan timur untuk acara pesta rakyat sekaligus lepas sambut Wagub Jabar. Halaman tersebut disulap menjadi stand makanan khas Jawa Barat dari tiga zona tersebut. Pada Pesta Rakyat tersebut diisi oleh stand dari setiap OPD di lingkungan Pemprov Jabar yang menampilkan makanan kuliner khas Jawa Barat.[ang]