Minggu, 29 Januari 2023
07 Rajab 1444

Airlangga Beri Kode Warna Partai Calon Anggota KIB: PDIP, Demokrat, PKS Atau Perindo?

Rabu, 30 Nov 2022 - 23:19 WIB
Airlangga kib - inilah.com
Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto bocorkan warna partai politik yang akan bergabung dalam KIB dalam pertemuan di Jakarta. Rabu malam (30/11/2022). (Foto: Inilah.com/ Diana Rizky)

Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto memberikan sebuah kode bahwa akan ada partai politik lain yang akan segera bergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Airlangga mengatakan partai politik (parpol) yang akan bergabung ke KIB, memiliki warna yang sama dengan paduan warna dari sebuah bola, yang dipegang Ketum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan.

“Tentu warna (partainya) ada yang dipakai oleh kawan kita di sini,ada juga yang nuansa warnanya pada pakaian yang sering dipakai bapak presiden, yang bagian dari bola (piala dunia) itu juga. Jadi warnanya tidak jauh dari yang ada di bola ini (merah, putih dan biru),” terang Airlangga, Rabu malam (30/11/2022).

Baca juga
Hendak Liburan, Ustaz Abdul Somad Dideportasi dari Singapura

Saat ditanya lebih lanjut nama partai-partai politik mana saja yang berkaitan dengan ketiga warna tersebut, Airlangga enggan berkomentar lebih jauh, biar publik mengintepretasikannya sendiri. ” Jadi itu (warna merah, putih dan biru) harus diterjemahkan sendiri (oleh publik),” jelasnya.

Lebih lanjut dia jelaskan, untuk saat ini KIB hanya akan memberikan bocoran melalui sebuah kode dan petunjuk. Sebab, masih menunggu tercapainya kesepakatan antara KIB dengan partai-partai yang hendak bergabung.

Soal kapan kesepakatan antara seluruh calon partai yang bakal bergabung tersebut, Airlangga cuma minta masyarakat bersabar dan berjanji akan mengumumkan secepatnya.

“Ya sesuai dengan waktu (dalam membuat kesepakatannya). Karena ini kan (masih dalam proses komunikasi dan koordinasi). KIB beri kode dahulu. Semua (nama partainya), kalau sudah deal baru akan kita umumkan ,” pungkasnya.

Baca juga
Pimpinan DPR Ketok Palu, RKUHP Resmi Disahkan

Sekadar informasi, jika merujuk pada tiga warna yang telah disebutkan Airlangga, besar kemungkinan warna-warna tersebut mewakili Partai Keadilan Sejahtera, Partai Demokrat dan PDIP. Namun tidak menutup kemungkinan bagi Partai Perindo. Pasalnya warna dari partai besutan Hary Tanoesoedibdjo ini merupakan paduan ketiga warna tersebut.

Tinggalkan Komentar