Senin, 04 Juli 2022
05 Dzul Hijjah 1443

Airlangga Hartarto Kantongi Bekal Memadai sebagai Capres 2024

Senin, 30 Mei 2022 - 15:20 WIB
1115 120501 56c2 Inilah.com  - inilah.com
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Ketua Umum Partai Golkar yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dinilai mengantongi bekal memadai untuk menjadi calon presiden (capres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Sebab, kinerja positif Airlangga selama menjabat Menko Bidang Perekonomian telah menggugah ekonomi Indonesia yang semula terdampak pandemi COVID-19. Di sisi lain, Airlangga juga mampu membangun konsolidasi di internal Partai Golkar.

“Peluang Airlangga semakin menguat. Dia tentunya masih punya kans untuk bekerja meningkatkan popularitasnya karena sudah punya modal kinerja yang baik sebagai Menteri Koordinator serta Ketua Umum Golkar,” kata Direktur Lingkar Studi Nusantara, Richard Achmad Supriyanto kepada Inilah.com, Senin (30/5/2022).

Richard memandang, kedua hal itu dapat terus memupuk elektabilitas Airlangga untuk bertarung di Pilpres 2024. Terlebih, elektabilitas Airlangga dapat semakin meningkat apabila Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Golkar, PAN, dan PPP menjadi “perahu” yang meraup perhatian dan pilihan masyarakat.

Baca juga
Menko Airlangga: BEI Secara Khusus Dipersiapkan Terlibat Perdagangan Karbon

“Satu sisi adanya Koalisi Indonesia Bersatu merupakan gagasan strategis untuk menghimpun calon-calon kandidat capres 2024 untuk berlayar,” jelas Richard

Namun, Richard juga menyarankan Airlangga juga menyarankan agar Airlangga mulai menjajaki sosok yang akan mendampinginya sebagai calon wakil presiden (cawapres). Tentu, sambung dia, kriteria cawapres Airlangga perlu mengantongi modal elektabilitas sehingga memperbesar peluangmeraih kemenangan dalam Pilpres 2024.

“Apabila Airlangga akan maju capres 2024 baiknya harus mendapatkan pasangan yang bisa mendongkrak suara pula, yang meningkatkan suaranya,” tegas Richard.

Hasil Survei

Sebelumnya, lembaga Panel Survei Indonesia (PSI) mencatat masyarakat sudah terpuaskan dengan kinerja Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Kepuasan ini terutama terkait penanganan dan pemulihan perekonomian akibat pandemi COVID-19.

Baca juga
Heboh Nasi Padang Babi, MUI Minta Pemilik Usaha Babiambo Ganti Nama

Koordinator Survei Nasional PSI Permadi Yuswiryanto mengatakan, 83,3 persen responden puas. Dengan rincian 12,1 persen responden sangat puas dan 71,2 persen cukup puas. Terlebih lagi, Ketua Umum Partai Golkar itu mengomandoi Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

Kepuasan responden terhadap kinerja di bidang perekonomian ini sejalan dengan hasil elektabilitas Airlangga untuk pemilihan presiden. Berdasarkan simulasi empat nama menteri yang berpotensi bertarung di Pilpres 2024, nama Menko Airlangga berada di urutan pertama.

“Mayoritas dari responden atau 40,8 persen memilih Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Kemudian sebanyak 32,2 persen memilih Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Sebanyak 7,7 persen memilih Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Sebanyak 2,7 persen memilih Menteri BUMN Erick Thohir,” katanya, Jumat (27/5/2022).  [yud]

Tinggalkan Komentar