Akses 5G Korea Selatan Tercepat di Dunia, Indonesia Jauh Tertinggal

- inilah.com

Riset terbaru mengenai kecepatan internet dan cakupan 5G di sejumlah negara yang dilakukan oleh OpenSignal mencatat Korea Selatan masih menjadi negara dengan akses unduh tercepat dengan kecepatan rata-rata 423,8 Mbps.

Hal tersebut tertera pada laporan Opensignal perihal pemanfaatan teknologi 5G secara global untuk bulan November 2021.

Selanjutnya dalam posisi tersebut negara Norwegia berada di urutan kedua dengan kecepatan rata-rata 355,3 Mbps dan Taiwan dengan 320 Mbps turun ke urutan ketiga. Namun, Taiwan berada di peringkat teratas untuk kecepatan unduh maksimal.

Sementara itu, Uni Emirat Arab berada di posisi empat dalam rata-rata unduhan dengan jaringan 5G, berikut urutan negara dengan rata-rata kecepatan unduh dengan 5G tertinggi:

Baca juga  Inilah Lima Cara Paling Mudah Membuat Suara Knalpot RX King Ngebas

 - inilah.com

Keunggulan aplikasi jaringan 5G di Korea hadir beriringan dengan tren bermain game yang meningkat di negara tersebut. Dari laporan yang sama, Korea Selatan raih skor tertinggi untuk penggunaan pada Game 5G sebesar 91,2 pada skala 100 poin.

Sementara itu untuk urusan video 5G Swedia menduduki posisi teratas dengan skor 83. Dari lima pasar Eropa terbesar (Perancis, Jerman, Italia, Spanyol, dan Inggris ), hanya Jerman yang berada di 15 besar.

Analisis global 5G terbaru dari Opensignal kembali menyoroti bagaimana 5G mempercepat peningkatan kecepatan bagi pengguna seluler di seluruh dunia. Pada tahun 2022, Opensignal mengharapkan 5G menjadi bagian yang lebih penting dari kehidupan.

Baca juga  BMKG: Hujan Ringan Berpotensi Terjadi di DKI Jakarta

Lantas, bagaimana dengan Indonesia? Sayangnya dari data yang diungkap Open Signal tidak menyebutkan kecepatan internet 5G di Indonesia. Namun dari berdasarkan paparan sejumlah operator yang telah komersial internet 5G Indonesia ternyata masih jauh dari daftar di atas. Kecepatan internet 5G di Indonesia baru hanya mencapai kisaran rata-rata 120 Mbps.

Tinggalkan Komentar