Selasa, 24 Mei 2022
23 Syawal 1443

Aktivitas Gunung Anak Krakatau Meningkat, BMKG Imbau Masyarakat Pesisir Waspada

Aktivitas Gunung Anak Krakatau

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tangerang, Banten, mengeluarkan peringatan dini kepada masyarakat. Terutama yang tinggal di pesisir perairan Selat Sunda. Pasalnya perkembangan aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau (GAK) mulai terjadi sejak Rabu (3/2/2022) kemarin hingga Jumat (4/2/2022).

“Pesan peringatan dini sebagai bentuk kewaspadaan. Mengingat adanya hembusan abu vulkanik di Gunung Anak Krakatau yang di keluarkan oleh PVMBG,” ujar Kepala Stasiun Geofisika Klas I Tangerang Suwardi, Jumat (4/2/2022).

Imbauan itu berdasarkan hasil rapat di internal BMKG, sebagai kewaspadaan dini untuk masyarakat di pesisir pantai Selat Sunda. Suwardi memastikan, saat ini peralatan BMKG dan PVMBG untuk memantau kondisi Anak Krakatau dan ketinggian air laut di Selat Sunda berfungsi dengan baik.

Baca juga
Yacht Berbendera Malaysia Terdampar di Pantai Bali

Termasuk alat ukur water level dan kegempaan juga terpasang di sekitar Pulau Sebesi dekat Anak Krakatau dan perairan Selat Sunda.

“Kepada seluruh masyarakat di pesisir Selat Sunda diharapkan tetap beraktivitas seperti biasa, tidak perlu panik. Namun tetap waspada terhadap aktivitas Gunung Anak Krakatau,” tutupnya.

Tinggalkan Komentar