Minggu, 29 Januari 2023
07 Rajab 1444

Akuisisi Tol MBZ Rp4,3 Triliun oleh Emiten META Segera Terwujud

Kamis, 06 Okt 2022 - 14:38 WIB
Penulis : Ahmad Munjin
Pintu Masuk One Way Digeser Ke Gt Cikampek 29042022 Mrh 6 - inilah.com
Sejumlah kendaraan memadati ruas jalan tol Jakarta-Cikampek kilometer 47 dan Jalan Layang Mohammed Bin Zayed (MBZ) di Karawang, Jawa Barat, Jumat (29/4/2022). (Foto: Antara)

Rencana PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) untuk mengakuisisi Tol MBZ (Sheikh Mohamed Bin Zayed) milik PT Jasa Marga Tbk (JSMR) bakal segera terwujud. Ini lantaran perseroan akan menyelenggarakan rapat umum pemegang saham luar biasa atau RUPSLB pada Jumat (7/10/2022).

Agenda RUPSLB META itu adalah untuk meminta restu atau persetujuan para pemegang saham terkait rencana akuisisi 40% saham PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) oleh anak usaha META, yakni PT Margautama Nusantara (MUN).

Selaku pihak penjual adalah JSMR yang saat ini mempunyai 80% saham di JJC. JJC melakukan kegiatan usaha pengusahaan jalan tol ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated atau yang saat ini dikenal sebagai Jalan Tol MBZ.

Baca juga
Mitratel Akuisisi Fiber Optik Milik SCKP dan TIS Sepanjang 6.012 Km

Pembahasan persetujuan akuisisi itu sejatinya dijadwalkan pada 9 Agustus 2022 lalu. Akan tetapi, rencana itu tertunda lantaran masih diperlukannya pemenuhan dokumen administratif kepada pihak regulator.

PT MUN selaku pembeli dan JSMR selaku penjual telah menandatangani suatu perjanjian pengikatan jual beli (PPJB) saham pada 30 Juni 2022 lalu.

Manajemen META, dalam keterbukaan informasi kepada PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis (6/10/2022), menjelaskan bahwa objek atas rencana transaksi itu adalah sejumlah 2.265.778 saham yang mewakili 40% dari seluruh saham yang ditempatkan dan disetor dalam perusahaan target yang dimiliki oleh penjual (JSMR).

Nilai rencana transaksi yang harus dibayar oleh pembeli (MUN) kepada penjual (JSMR) sehubungan dengan pembelian saham yang dijual untuk rencana transaksi adalah sebanyak-banyaknya sebesar Rp4,38 triliun.

Baca juga
Facebook Berikan Setting Privat untuk Pengguna di Bawah Usia 16 Tahun

Manajemen META juga menyatakan, status pemenuhan atau penyelesaian atas persyaratan pendahuluan sebagian besar telah dipenuhi oleh penjual, pembeli, maupun JJC. Penyelesaian rencana transaksi saat ini hanya tinggal menunggu pemenuhan.

MUN selaku perusahaan terkendali dari META memerlukan persetujuan rapat umum pemegang saham perseroan terkait dengan transaksi material yang akan dilaksanakan oleh MUN untuk mematuhi ketentuan POJK 17 tahun 2020.

“Perseroan akan meminta persetujuan dari pemegang saham perseroan sehubungan dengan rencana transaksi (RUPSLB) pada tanggal 7 Oktober 2022,” tulis manajemen META.

Adapun tanggal penyelesaian transaksi, rencananya pada 10 Oktober 2022 atau tanggal lainnya yang disepakati oleh pembeli dan penjual.

Tinggalkan Komentar