Kamis, 11 Agustus 2022
13 Muharram 1444

Akun Youtube Ganjar Pranowo Pulih Kembali usai Diretas Selama 24 Jam

Rabu, 27 Apr 2022 - 07:22 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Youtube ganjar - inilah.com
Gubernur Jawa Tengah Gajar Pranowo (Foto ist)

Akun YouTube milik Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sudah kembali aktif usai diretas sejak Minggu (24/4) malam. Sebelumnya, akun yang memiliki 1,26 juta pengikut itu hilang, tak bisa ditemukan dalam pencarian.

Dari pantauan Inilah.com, Rabu (27/04/2022) pagi akun tersebut telah aktif kembali dan tidak ada perubahan.

Diketahui tim Youtube telah melakukan recovery terhadap akun tersebut sehingga bisa aktif kembali, kemarin sore, sekitar pukul 18.00 WIB.

Dari nama, gambar profil dan cover, jumlah subscriber hingga konten di kanal YouTube itu terlihat normal, tidak ada perubahan berarti. Berbagai konten yang sempat ada juga tetap memiliki judul dan jumlah penonton ribuan.

Tangkapan layar akun Youtube Ganjar Pranowo pada Selasa (26/4/2022) malam.
Tangkapan layar akun Youtube Ganjar Pranowo pada Selasa (26/4/2022) malam.

Kanal YouTube Ganjar Pranowo itu masih memiliki 1,26 juta subscribers. Video terakhir yang dapat terakses oleh publik tentang kunjungan Ganjar di Kediri yang upload sejak tiga hari lalu (23/4).

Baca juga
Google Meet Semakin Mudah Siarkan Acara Langsung di YouTube

“Alhamdulillah kanal YouTube Ganjar Pranowo bisa kita kuasai dan kita pulihkan konten-kontennya,” tulis Ganjar dalam akun media sosialnya.

Ganjar juga menyampaikan terimakasih kepada tim YouTube yang telah membantu memulihkan akunnya.

Tak lupa orang nomor satu di Jateng itu mengucapkan terimakasih kepada netizen yang telah memberi dukungan kepadanya.

“Terimakasih juga kepada netizen yang telah memberi support dan doa untuk tim. Kalian keren,” lanjutnya.

Laporan warganet

Sebelumnya, Ganjar menjelaskan bahwa ia tidak bisa mengakses akun Youtube-nya sejak Senin dini hari. Akan tetapi, ia tidak mengetahui secara pasti kapan akun mulai terambil alih hacker. Tim pengelolanya pun mengetahui hal itu dari laporan puluhan warganet yang mengirimkan pesan langsung di Instagram.

Baca juga
Data BI Diretas, Analis: Mayoritas Serangan Siber karena Kelalaian Pegawai

Sejumlah laporan yang masuk itu tim periksa ulang. Saat pengecekan, mereka menemukan bahwa akun tersebut berganti nama menjadi ”Binance Live”. Foto profil dan banner juga berubah.

Selain itu, semua konten yang ada di akun itu juga terkunci. Bahkan, mereka melakukan siaran langsung untuk menayangkan konten Binance. Adapun Binance merupakan platform pertukaran mata uang kripto.Saya belum tahu siapa yang melancarkan serangan ini. Entah ”kerjaan ” orang iseng atau ada maksud-maksud tertentu.

Ketika tim berusaha memulihkan akun, kata Ganjar, terdapat notifikasi sign out atau keluar dari aplikasi dan permintaan untuk masuk atau login kembali. Setelahnya, muncul keterangan bahwa akun tersebut sudah hilang, tidak tertaut dengan surel yang semula.

Baca juga
Jawa Tengah Masih Nihil Varian Omicron

Menurut Ganjar, tidak ada pesan dari pihak mana pun yang mengaku bertanggung jawab atas peretasan tersebut. ”Saya belum tahu siapa yang melancarkan serangan ini. Entah kerjaan orang iseng atau ada maksud-maksud tertentu,” ujarnya.

Tinggalkan Komentar