Rabu, 18 Mei 2022
17 Syawal 1443

Alasan Mengapa Tak Boleh Menahan Pipis saat Kemacetan Mudik

Menahan Pipis - inilah.com
ilustrasi (Foto istock)

Beberapa orang sering menahan pipis demi perjalanan mudik atau di tengah kemacetan apalagi jika tidak adanya toilet yang memadai di sekitarnya.

Akhirnya, Anda terpaksa menahan kencing hingga mencapai tujuan atau ketika sampai di tempat istirahat. Hal tersebut jangan menjadi kebiasaan karena menurut Pakar kesehatan Profesor Zubairi Djoerban mengatakan menunda kencing akan mengalami gangguan pada otot kandung kemih. Menurutnya akan jadi berbahaya ketika terlalu sering mengabaikan keinginan pipis dan menjadi kebiasaan.

Jika terpaksa harus menahan pipis selama 10 jam lebih, Anda mungkin akan mengalami retensi urine, yang berarti otot-otot di kandung kemih tidak dapat rileks dan jadi susah kencing.

Baca juga
Mengapa Orang Kaya Masih Korupsi?

“Kandung kemih bisa pecah? Dalam skenario tertentu bisa saja terjadi, namun amat jarang,” katanya.

Dia menyarankan yang harus dilakukan setelah berjam-jam menahan pipis adalah melakukan buang air secara perlahan dan tunggu sekitar satu menit lagi setelah merasakan sensasi selesai. Kemungkinan masih ada lebih banyak urine di kandung kemih dan pastikan semuanya keluar.

Namun, dia menyatakan menahan kencing tidak akan menyebabkan terjadinya infeksi saluran kemih (ISK).

Pasalnya, infeksi terjadi ketika bakteri masuk ke saluran kemih. Namun, jika sering tidak mengosongkan kandung kemih secara teratur, bakteri lebih mungkin untuk berkembang biak.

Anda akan berisiko ISK jika kurang minum sebab kandung kemih tidak akan cukup penuh mengirim sinyal untuk buang air kecil.

Baca juga
Peran Masyarakat Dalam Mendorong Tumbuh Kembang Anak

Dus, bakteri yang ada di sistem saluran kemih, akan berkembang biak dan berpotensi menyebabkan infeksi. Gejala infeksi saluran kemih yakni sering ingin kencing, urine berbau menyengat dan keruh, nyeri panggul, ada darah dalam urine.

“Apa yang bisa membantu saat menahan pipis? Jaga agar punggung tetap lurus untuk mengurangi tekanan pada kandung kemih dan upayakan suhu mobil tidak terlalu dingin. Upayakan juga jangan sampai bersin dan tertawa berlebihan,” paparnya.

Zubairi juga menjelaskan ada beberapa orang sering pipis, seperti sebagian perempuan yang telah memiliki anak, akan memiliki keinginan kencing lebih sering yang disebabkan melemahnya otot dan stimulasi saraf, itu wajar. Dorongan buang air kecil lebih sering juga terjadi jika kerap minum kopi dan teh.

Tinggalkan Komentar