Amankah Anak di Bawah 12 Tahun Masuk ke Mal?

Amankah Anak di Bawah 12 Tahun Masuk ke Mal? - inilah.com
istimewa

Belakangan di media sosial ramai warganet menampilkan foto bahkan video saat berkunjung ke pusat perbelanjaan atau mal dengan membawa buah hatinya.

Hal tersebut terjadi usai adanya keputusan dari pemerintah terkait penerapan perlonggaran Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 yang terdapat dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 43 Tahun 2021.

Pada aturan tersebut memperbolehkan anak di bawah 12 tahun masuk mal.

Lantas, apakah berkunjung ke mal aman ketika membawa anak usia di bawah 12 tahun?

Prof. DR. Dr. Aman B. Pulungan, Sp.A(K), FAAP, FRCPI(Hon), Ketua Umum Pengurus Pusat IDAI, menjelaskan, jika ditanya aman atau tidak, jawabnya sudah pasti belum aman. Karena menurut Aman, anak di bawah 12 tahun belum mendapatkan vaksinasi covid-19.

Baca juga  Minyak Bekas Bantu Warga Terdampak Covid-19

“Kalau ditanya aman ya belum dong. karena kan anak belum diimunisasi kalau ke mal. Tapi artinya, kalau di atas 12 tahun kalau sudah diimunisasi dengan protokol kesehatan itu memang saya sepakat,” kata Aman seperti dikutip dari video singkat yang ditampilkan di akun instagram resmi IDAI @idai_ig, Jakarta, Selasa, (28/09/2021).

Masih menurut Aman, membawa anak ke mal menjadi salah satu kegiatan yang sangat berisiko. Alangkah lebih baik jika semua yang terlibat pergi ke mal mendapatkan vaksinasi covid-19.

“Kalau membawa anak ada beberapa risiko. Kalau semua sudah diimunisasi itu bentuknya lebih baik,” tambahnya.

Baca juga  Merck Ajukan Izin Penggunaan Darurat Obat COVID-19 Molnupiravir ke FDA

Tinggalkan Komentar