Selasa, 09 Agustus 2022
11 Muharram 1444

Ambil Kasus Mirip Jiwasraya, UGM Juara Legal Opinion Competition

Kamis, 23 Des 2021 - 14:44 WIB
Penulis : Anton Hartono
ugm - inilah.com
foto istimewa

Tim delegasi Fakultas Hukum UGM meraih Juara 1 dalam National Legal Opinion Competition 2021 FH Universitas Trisakti bertajuk ‘Potret Penanganan Tindak Pidana di Pasar Modal’.

Sementara juara 2 diraih Universitas Jenderal Soedirman dan Juara 3 Delegasi dari Universitas Indonesia.

Aktivis HAM sekaligus praktisi hukum Haris Azhar melalui webinar memberikan paparan terkait kompetisi yang digelar sebagai rangkaian Dies Natalis Universitas Trisakti ke-56 tahun 2021 itu.

Ia menyampaikan beberapa poin penting yang patut disorot pada kasus-kasus tindak pidana di pasar modal dan menyebut contoh kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya.

“Banyak pihak ketiga menjadi korban, dan mereka terus berupaya membuktikan bahwa asetnya bukan bagian dari kejahatan, tetapi mirisnya tetap dilakukan penyitaan oleh Kejagung,” katanya.

Baca juga
Investor Bukalapak di Lantai Bursa Banyak yang Mendadak Jatuh Miskin

Dirinya berharap penegak hukum menunjukkan welas asih dan mementingkan aset pihak ketiga yang tak ada kaitannya dengan kasus seperti Jiwasraya.

Ia juga mempertanyakan peran serta otoritas yang terkait dengan pasar modal serta yang bertugas mengawasinya.

Turut hadir Pengamat Pasar Modal Reza Priyambada yang menilai, dalam kasus-kasus pidana di pasar modal, seperti PT Jiwasraya, penegak hukum melakukan penindakan tanpa memikirkan nasib para korban

“Bila penegak hukum terus melakukan penyitaan bahkan pembekuan aset milik pihak ketiga dalam setiap kasus-kasus pidana di pasar modal, hal itu akan berdampak buruk terhadap iklim investasi di Indonesia,” jelasnya.

Baca juga
UMKM Bisa Jual Produk sambil Berinvestasi di Pasar Modal

Webinar ini juga mengundang beberapa pemateri yakni Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward Eddy OS Hiarie, Pakar Hukum Bisnis Universitas Airlangga Surabaya Budi Kagramanto, dan Pakar Hukum Pidana Universitas Al Azhar Indonesia Suparji Ahmad.

Tinggalkan Komentar