Jumat, 12 Agustus 2022
14 Muharram 1444

AMD Indonesia Menyongsong Tahun 2022 dengan Optimisme

Senin, 13 Des 2021 - 05:43 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Donnie Brahmandika AMD Indonesia- inilah.com
Donnie Brahmandika AMD Indonesia

Mendekati penghujung tahun 2021, AMD Indonesia menggelar acara AMD 2021 End Year Media Gathering di Jakarta AMD Indonesia turut memberikan kilas balik perjalanan AMD selama lima tahun berkiprah di Indonesia. Untuk itu AMD Indonesia mempersiapkan strategi untuk terus memperkuat bisnisnya.

Menurut Donnie Brahmandika, Product and retail Enablement AMD Indonesia, sebagai rangkaian dari kaleidoskop tahun 2021, salah satu momen istimewa bagi AMD adalah genap 5 tahun perjalanan prosesor seri Ryzen.

Diawali pada ajang Computex 2017, AMD berkolaborasi dengan ASUS memperkenalkan laptop ROG Strix GL702QC yang merupakan laptop dengan bertenaga Ryzen pertama, menggunakan desktop CPU Ryzen 7 1700 dan GPU Radeon RX 580.

Di tahun yang sama, pada bulan Oktober 2017, AMD secara resmi memperkenalkan dua prosesor Ryzen mobile terbarunya dengan 4 core and 8 thread yaitu, Ryzen 5 2500U dan Ryzen 7 2700U dengan Radeon Vega sebagai kartu grafis yang disematkan pada laptopnya dengan menggandeng Acer, Asus ROG, HP, Lenovo, dan Dell sebagai partnernya.

“Prosesor Mobile Ryzen 3000 Series Generasi Kedua hadir sebagai rangkaian dari prosesor seri Ryzen pada CES 2019. Dengan menggunakan teknologi fabrikasi 12nm dan AMD juga merilis seri prosesor terbaru yang kemudian menjadi tren pada laptop gaming ringan yakni H-Series yang dikhususkan untuk performa gaming lebih kencang,” kata Donnie secara virtual, Kamis (9/12).

Baca juga
AMD Esports Challenge Tantang Gamers Hadiah 50 Juta di Indocomtech 2022

Ditambahkan, pada tahun 2020, AMD mengumumkan prosesor AMD Ryzen 4000 Series yang merupakan Prosesor x86 pertama di dunia yang menggunakan arsitektur 7nm dan 8 core dan 16 thread. AMD Ryzen 4000U Series merupakan prosesor satu-satunya di dunia dengan 8 core untuk laptop ultrathin. Dengan hadirnya AMD Ryzen 4000 Series memberikan performa prosesor yang lebih cepat dan efisiensi daya yang optimal.

Selain itu, AMD juga merilis sebuah prosesor gaming namun dengan TDP yang yang lebih rendah yaitu AMD Ryzen 4000HS series yang memiliki TDP 35 Watt namun dengan 8 core dan 16 thread. AMD Ryzen HS series ditujukan untuk thin and light gaming, salah satu untuk laptop gaming portable dengan ukuran yang lebih tipis dan ramping.

Selanjutnya, tahun 2021, AMD memberikan sebuah evolusi dengan menghadirkan Ryzen 5000 series dengan fabrikasi 7nm namun dengan arsitektur core Zen 3 yang memiliki fitur dengan teknologi diklaim terdepan dan dapat disesuaikan kebutuhan untuk para gamer, content creator, serta professional.

Baca juga
iPhone 14 versi Standar Kabarnya Masih Akan Pakai Chipset A15

“Tentunya, akan memberikan pengalaman menakjubkan dengan performa komputasi tinggi dan ketahanan daya yang memukau,” tambah Donnie..

Dikatakan, AMD Ryzen 5000 U-Series Mobile Processor dirilis untuk pengguna mainstream yang menginginkan performa yang kencang, menawarkan perpaduan performa dan efisiensi yang sempurna. Selain performa unggul, laptop bertenaga yang tersemat AMD Ryzen 5000 U-Series Mobile Processor menawarkan pengalaman komputasi tinggi dan portabilitas yang dikhususkan untuk laptop ultrathin.

Di segmen premium laptop yang ditujukan bagi kalangan content creator dan gamer profesional, AMD menghadirkan AMD Ryzen 5000 H-Series Mobile Processor yang memberikan efisiensi daya maksimal dengan performa tinggi untuk mendukung ragam pekerjaan berat penggunanya tanpa hambatan pada sebuah perangkat laptop tipis, inovatif dan ringan.

AMD juga memperkenalkan Kartu Grafis AMD Radeon 6000M Mobile Series yang dirancang untuk menghadirkan performa kelas dunia, visual tajam, dan pengalaman komputasi gaming yang imersif. GPU AMD Radeon RX 6000M Series memanfaatkan terobosan arsitektur gaming AMD RDNA 2 untuk menghadirkan performa gaming kencang.

Dengan beberapa pilihan Kartu Grafis AMD Radeon 6000M Mobile Series diantaranya, AMD Radeon RX 6800M yang diperuntukkan hardcore gamers dengan konsumsi daya minimal 145 watt dengan performa gaming pada resolusi 1440p.

Baca juga
AMD-Intel Kompak Minggat dari Rusia, Pengguna PC Kelimpungan

AMD Radeon RX 6800M mampu memberikan performa paling tinggi hampir pada sejumlah game kelas AAA. AMD Radeon RX 6700M menawarkan performa gaming 1440p/100FPS , visual dan efisiensi memukau yang dirancang untuk generasi baru dari laptop gaming dan kreasi konten yang canggih.

Terakhir adalah kartu grafis AMD Radeon RX 6600M ditujukan bagi para gamer kasual, dirancang untuk pengalaman gaming 1080p/100FPS , dengan performa kecepatan refresh tinggi di 1080p untuk laptop ringan.

“Tak ketinggalan, ada pula AMD Advantage sebagai inovasi terbaru design framework untuk memberikan solusi terbaik pada laptop gaming. Solusi AMD Advantage merupakan paket lengkap laptop gaming dengan berbagai fitur yang dibutuhkan gamer. AMD Advantage dasar, yakni Amplified Performance, Premium Display, dan Built,” pungkas Donnie Brahmandika.

Tinggalkan Komentar