Rabu, 29 Juni 2022
29 1444

AS Pasok Rudal ke Ukraina, Putin akan Respons dengan Tindakan Tegas dan Terukur

Senin, 06 Jun 2022 - 19:44 WIB
Putin Rusia AS - inilah.com
Presiden Rusia Vladimir Putin

Pemerintah Rusia akan merespons secara tegas dan terukur serta akan menyasar sejumlah target jika AS terus mengirimkan paket rudal jarak jauh ke Kiev.

“Jika rudal-rudal itu diserahkan (ke Kiev), kami akan menarik kesimpulan yang sesuai, dan mengerahkan senjata kami untuk menyerang target-target yang belum pernah kami sasar sebelumnya,” kata Presiden Rusia Vladimir Putin dalam wawancara dengan televisi Rossiya-1, Minggu (5/6/2022).

Putin menambahkan pengiriman senjata ke Ukraina hanya akan memperpanjang konflik.

“Karena tentara Ukraina dipersenjatai dengan sistem serupa maka pengiriman senjata semacam itu kepada Kiev tidak akan mengubah apa pun, melainkan memperpanjang konflik,” ujar Putin.

Baca juga
Persija Jakarta Pamerkan 4 Pemain Anyar

Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden mengumumkan negaranya akan memasok Ukraina dengan sistem roket canggih yang diminta Kiev.

Baru-baru ini, Kementerian Pertahanan Ukraina juga mengumumkan negara itu menerima sistem rudal antikapal Harpoon dari Denmark, Inggris, dan Belanda untuk pertahanan di Laut Hitam, sementara negara lain juga akan memasok alat pertahanan dalam waktu dekat.

Selain itu dalam percakapan via sambungan telepon dengan sejumlah pemimpin Eropa pada 28 Mei 2022, Putin menyatakan pengiriman pasokan senjata hanya semakin mengacaukan situasi dan memperburuk krisis kemanusiaan di Ukraina. [ikh]

Tinggalkan Komentar