Jumat, 02 Desember 2022
08 Jumadil Awwal 1444

Amien Rais : Cuma Jokowi yang Bisa Tuntaskan Kasus Sambo

Senin, 05 Sep 2022 - 10:58 WIB
Penulis : Wiguna Taher
Jokowi 1 - inilah.com
Presiden RI Joko Widodo (Foto : inilah.com)

Perkembangan penyidikan kasus Ferdy Sambo yang berlarut dan belum menemui jalan keluar, mendapat perhatian khusus dari tokoh reformasi Amien Rais. Dia menilai, masyarakat sudah apriori dan tidak percaya apapun hasil dari kasus Sambo ini.

“Saya terus mengamati perkembangan kasus Ferdy Sambo yang akhir akhir ini makin ruwet, mbulet dan njelimet. Sudah dua bulan, terhitung dari 11 Juli, kasus skandal kriminal dan skandar moral dalam tubuh Polri belum menemui jalan keluar. Jalan keluar yang tidak boleh mencederai rasa keadilan keluarga korban dan rasa keadilan publik,” kata Amien Rais dalam kanal Youtube Amien Rais Official.

Kendati begitu, Amien Rais masih berharap ke sosok Presiden Jokowi untuk mengawal dan menuntaskan kasus ini. “Saya yakin hanya Pak Jokowi sekali lagi cuma Pak Jokowi yang dapat menjadi solusi. Mengapa? Karena Polri itu di bawah Presiden. Undang Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia yang menjadi dasarnya,” terang Amien Rais.

Baca juga
Jokowi Terima Kunjungan PM Australia di Istana Bogor

Pasal 8 ayat 1 UU No 2 Tahun 2002 menyebutkan, Kepolisian Negara Republik Indonesia berada di bawah Presiden. Sedangan pasal 2 menegaskan bahwa Kepolisian Negara Republik  Indonesia  dipimpin  oleh  Kapolri  yang  dalam  pelaksanaan   tugasnya   bertanggung   jawab   kepada   Presiden   sesuai   dengan  peraturan perundang-undangan.

Menurut Amien Rais, setelah skema kekaisaran Sambo dan konsorsium 303 beredar luas, masyarakat semakin geram dan marah melihat betapa luas dan dalamnya kebobrokan di tubuh Polri. Mafia besar sudah menguasai Mabes Polri. Mereka melindungi judi online dan bisnis illegal lainnya.

“Pak Jokowi saya yakin sudah memiliki serba informasi tentang kebusukan dan keboborokan petinggi Polri. Jika Pak Jokowi memiliki moral dan political will, kehendak moral dan politik yang kuat, Pak Jokowi pasti bisa,” ujar Amien.

Baca juga
AFPI Apresiasi Langkah Polri Tindak Tegas Pinjol Ilegal

Amien Rais kembali mengingatkan komitmen awal Jokowi terhadap pemberantasan korupsi. “Jika saya jadi Presiden saya akan memimpin langsung pemberantasan korupsi. Itu yang dijanjikan Presiden Jokowi sekian tahun  silam. Di titik paling penting inilah saya harapkan Pak Jokowi  bisa menjadi solusi, bukan malah menjadi problem,” kata Amien Rais.

Tinggalkan Komentar