Jumat, 20 Mei 2022
19 Syawal 1443

Anak-anak Juga Bisa Alami Ambeien, Ini Cara Kenali Gejalanya

Anak-anak Juga Bisa Alami Ambeien, Ini Cara Kenali Gejalanya

Ambeien atau wasir tidak hanya bisa terjadi pada orang dewasa saja loh, anak-anak juga bisa terkena ini. Ambeien adalah pembuluh darah (yang ada di dalam dan sekitar anus dan rektum bagian bawah) yang membengkak.

Para orang tua harus bisa mengetahui gejela-gejala ambeien pada anak Anda. Hal ini perlu agar Anda sebagai orang tua bisa memberikan penanganannya.

Anda bisa menemuka kondisi seperti ini baik secara internal (di dalam anus) atau eksternal (di bawah kulit di sekutar anus). Tanda ambeien pada anak paling mudah kita ketahui ketika mereka menangis saat mengejan, maka bisa jadi itu gejala adanya wasir atau ambeien pada anak.

Mengutip dari laman halodoc, ambeien terjadi saat jaringan anus mengalami peningkatan tekanan yang menyebabkan pembengkakan dan peregangan berlebihan. Penyebab ambeien pada anak bisanya karena ada tekanan di sekitar anus saat mengejan atau yang paling umum disebut sembelit.

Baca juga
Peduli Lingkungan, LocknLock Ajak Masyarakat Bawa Tumbler Sendiri

Ada beberapa gejala ambeien pada anak yang Anda perlu ketahui, berikut beberapa gejalanya;

1. Pendarahan dubur, gatal di area anus, dan rasa tidak nyaman.

2. Ada darah di usus. Hal ini akibat pembuluh darah di daerah anus pecah. Pendarahan rektum seperti itu juga bisa menjadi indikasi masalah yang berbeda dan harus segera diperiksa oleh dokter anak.

3. Adanya ambeien menyebabkan keluarnya zat seperti lendir yang membuat anus dan daerah sekitarnya tidak nyaman dan lembab. Akibatnya, selalu ada rasa gatal atau iritasi di area anus.

4. Anak menghindari pergi ke toilet sama sekali untuk menghindari rasa sakit saat mengejan BAB.

5. Wasir eksternal muncul dengan menonjol keluar dari anus. Hal ini adalah tanda ambeien yang membutuhkan perawatan.

Baca juga
Emma Raducanu, Dari Kualifikasi Torehkan Prestasi

Penjelasan di atas bisa jadi acuan para orang tua dalam mengenali gejalanya. Namun jika ayah dan bunda masih kesulitan mengenali gejala ambeien pada buah hati, maka sebaiknya berkonsultasi ke dokter. Nantinya dokter akan mencari tanda-tandanya dengan mengamati area luar anus atau dengan melakukan pemeriksaan anal internal.

Karena ambeien internal lunak dan tidak dapat langsung dipastikan sebagai ambeien, dokter mungkin menggunakan proktoskop atau alat lain yang memungkinnya melihat ke dalam anus.

Jika kondisi ambeien pada anak cukup parah, dokter dapat melakukan pemeriksaan ekstensif pada seluruh saluran usus besar melalui kolonoskopi.

Karena penyebab paling umum dari ambeien adalah sembelit, penting bagi orang tua untuk memastikan kebutuhan serat harian anak tercukupi. Sebab sembelit sering kali disebabkan oleh kurangnya asupan serat, hidrasi, dan olahraga yang memadai.

Perawatan ambeien juga dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

1. Mandi air hangat dua atau tiga kali sehari untuk menenangkan area anus. Namun, hindari penggunaan sabun batangan dan bersihkan area anus setelah mandi.

Baca juga
Perempuan Melahirkan Berisiko Wasir Namun Bisa Sembuh

2. Jika area anus meradang dan gatal, maka kompres es atau kompres dingin untuk meredakannya.

3. Jika anak menggunakan tisu toilet, sebaiknya sarankan untuk menggunakan tisu basah. Karena tisu toilet kering dapat mengiritasi anus.

4. Jika anak selalu mengeluhkan rasa sakit, berikan ia beberapa obat penghilang rasa sakit seperti asetaminofen. Obat tersebut dapat mengurangi rasa sakit di area anus.

5 Berikan juga krim wasir bebas resep yang aman untuk anak.

Itulah gejala ambeien pada anak yang perlu orang tua ketahui. Jika gejalanya sulit diatasi dengan pengobatan rumahan atau ambeien berlangsung lama, sebaiknya segera kunjungi dokter anak di rumah sakit terdekat.

Tinggalkan Komentar