Jumat, 07 Oktober 2022
11 Rabi'ul Awwal 1444

Anak Buah Sri Mulyani Sebut Jaga Harga Pertalite tak Gratis

Sabtu, 09 Jul 2022 - 16:39 WIB
Spbupetrominer - inilah.com
Spbupetrominer

Di tengah mahalnya minyak dunia, pemerintah menahan harga Pertalite dan Solar tak naik. Tapi, pemerintah harus keluarkan subsidi. Jadi, tak ada yang gratis.

Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara menyampaikan, APBN, saat ini, menjaga momentum penguatan ketahanan fiskal dengan menahan harga energi yang naik di tengah tensi global.

“Harga Pertalite tidak naik, Solar tidak naik. Sementara harga internasional naik maka selisih harganya dibayar APBN. Bukan berarti gratisan ada biaya yang harus dikeluarkan dari APBN,” ujar Suahasil dalam sharing session di UIN Sunan Kalijaga, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dikutip dari Antara, Jumat (8/7/2022).

APBN yang berasal dari penerimaan pajak yang saat ini sedang meningkat cepat, lanjutnya, sebagian digunakan untuk menahan harga energi agar tidak naik melalui subsidi.

Baca juga
Bos Pertamina Klaim Jual 'Buntung' Pertalite, La Nyalla Beri Sindiran Cerdas

Kebijakan tersebut diambil agar masyarakat yang mulai bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19 tidak harus kembali berhenti akibat harga energi global yang naik.

“Tugas kita sebagai masyarakat melanjutkan pemulihan. Saya titip supaya kita melakukan pemulihan secara intensif, semakin besar dampak kepada masyarakat di sekitar kita,” ucapnya.

APBN berperan sebagai shock absorber dengan mengendalikan inflasi dan menjaga daya beli masyarakat, menjaga momentum pemulihan serta menjaga belanja prioritas.

Pemerintah juga menjaga momentum penguatan ketahanan fiskal dengan menyiapkan buffer untuk antisipasi uncertainty dan penguatan fondasi untuk konsolidasi dan keberlanjutan fiskal jangka menengah.

Suahasil menyampaikan, dari 2,5 tahun menghadapi pandemi COVID-19 terdapat dua pembelajaran. Pertama, ketika virus naik penularan bisa diturunkan dengan memperketat mobilitas manusia, mengurangi interaksi, mendorong vaksinasi. Namun jika diturunkan secara mendalam akan berimplikasi pada ekonomi.

Baca juga
Kemenkeu Sebut Potensi Resesi di Indonesia Sangat Kecil

Pelajaran kedua, ucapnya, virus COVID-19 tidak pernah hilang sehingga muncul lah prinsip hidup bersama virus dengan menjaga kesehatan, memastikan imunitas dan vaksinasi.

“Saya rasa pekerjaan rumah kita sebagai bangsa dan individu sama, lanjutkan kemanusiaan kita. APBN akan tetap hadir, tetap menjaga perannya dan semoga menjadi sumbangsih kita semua kepada perbaikan kehidupan kita semua,” tuturnya.

Tinggalkan Komentar