Senin, 06 Februari 2023
15 Rajab 1444

Analisa Drone Emprit: Hacker Bjorka Diduga Orang Indonesia

Rabu, 14 Sep 2022 - 19:13 WIB
Penulis : Diana Rizky
Editor : Fadly Zikry
drone emprit bjorka hacker - inilah.com
(Foto: inilah.com/Rebby Noviar)

Pengamat media sosial sekaligus pendiri Drone Emprit, Ismail Fahmi menyebut, seorang hacker cerdas akan mengakses sebuah server menggunakan VPN untuk menghilangkan jejak. Hal ini diduga dilakukan oleh hacker Bjorka.

“Asumsi saya hacker itu cerdas, dia sudah mencoba jejak apapun itu dihilangkan. Jadi ketika kita mengakses suatu server dari hp kita langsung ya ketahuan, misalnya membuka login twitter dengan username misalnya Bjorka dari alamat IP yang mana kalau langsung ada di Indonesia-nya ketahuan,” kata Fahmi dalam program Podcast Interview inilah.com, Rabu (14/9/2022).

Untuk menghilangkan jejak, hacker akan memakai VPN dari luar negeri. Tidak hanya VPN satu negara, tetapi ia akan menggunakan VPN dari sejumlah negara.

Baca juga
Mengendus Jejak Mustang Panda, Kelompok Hacker yang Incar Indonesia

“Tapi dia bisa pinter, kan dia akses dulu pakai VPN. Jadi pakai VPN luar negeri yang satu abis itu ke VPN yang lain, terus ke beberapa tempat masuk-masuk artinya barulah akses itu, ketahuannya aksesnya dari mana-mana bukan dari Indonesia,” sebut Fahmi.

Menurutnya, tidak menutup kemungkinan Bjorka berasal dari Indonesia. Salah satu indikasinya yaitu dari penggunaan bahasa Inggris yang dipakai oleh Bjorka. Bahasa Inggris Bjorka mirip dengan cara komunikasi warga negara Indonesia pada umumnya.

“Bahasa Inggrisnya orang Indonesia di translate. Dalam bahasa Inggris itu jarang menggunakan ‘because’ di awal kalimat, harusnya (koma) because. Itu gaya kita di setiap kali memulai kalimat, apalagi langsung seperti itu. Ya pakai google translate jadi seperti itu,” tutur Fahmi.

Baca juga
Fulus dan Popularitas Jadi Motif Tukang Es di Madiun Bantu Bjorka

“Ya ada mungkin orang Indonesia juga, di Indonesia juga,” sambungnya.

Tinggalkan Komentar