Sabtu, 21 Mei 2022
20 Syawal 1443

Analitik Data dan Machine Learning, Solusi Sukses Perusahaan di Era Digital

Solusi Data - inilah.com
Istockphoto

Menawarkan solusi yang menyasar para pemain industri data, Valiance hadir untuk lanskap bisnis Indonesia sebagai perusahaan konsultan machine learning.

Berbeda dengan perusahaan serupa lainnya yang berspesialisasi dalam satu bidang saja.  Valiance berpengalaman mengerjakan solusi-solusi di berbagai bidang berkat kultur riset mendalam.

Sebelumnya, Valiance merupakan divisi konsultan dari Pacmann, sebuah akademi yang secara aktif menyebarluaskan pengetahuan mengenai industri data melalui program tanpa gelar untuk mereka yang ingin berkarier sebagai Data Scientist dan Business Intelligence/Data Analyst.

Materi program yang diajarkan setara dengan kurikulum S-1 dan S-2 Statistics dan Machine Learning. Adityo Sanjaya, CEO dan Co-Founder di Valiance menuturkan bahwa solusi berbasis Machine Learning yang mereka kerjakan bersifat menyeluruh (end-to-end).

Baca juga
Reservasi Layanan Kesehatan Kini Bisa Lewat Pencarian Google

Proses bisnis solusi itu mencakup analisis ketimpangan (gap analysis), akuisisi dan konstruksi data (data acquisition and construction), pengembangan model (model development), implementasi infrastruktur Machine Learning (ML infrastructure implementation), hingga evaluasi dampak solusi terhadap bisnis.

“Penerapan data analytics dan machine learning biasanya ada di startup karena mereka early adopters. Sekarang, perusahaan nondigital banyak mengadopsi sistem ini,” katanya.

Valiance telah mengerjakan solusi machine learning di industri keuangan dan perbankan, logistik dan distribusi, media, ritel, pariwisata, agrikultur, dan otomotif. Latar belakang klien yang telah bekerja sama dengan Valiance meliputi perusahaan swasta, badan usaha milik negara, hingga kementerian atau lembaga pemerintah.

Tinggalkan Komentar