Kamis, 26 Mei 2022
25 Syawal 1443

Anda Penderita Darting, Simak 5 Cara untuk Menurunkannya

Anda Penderita Darting, Simak 5 Cara untuk Menurunkannya
Darah Tinggi (Ist.)

Bagi penderita darah tinggi atau darting, resiko penyakit kronis seperti serangan jantung dan stroke bisa jadi lebih besar.

Darting memang bikin pusing. Selain berpotensi mendatangkan penyakit kronis yang lebih parah, penderita darting juga terbatas untuk mengkonsumsi makanan.

Banyak pantangan makanan serta minuman bagi mereka si penderita darting.

Tapi tahukah anda, gaya hidup yang lebih sehat dapat mengelola atau bahkan menurunkan tekanan darah tinggi.

Seperti dilansir dari laman Express.co.uk, Rabu (23/2/2022), berikut lima cara alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan jauh-jauh dari resiko stroke dan serangan jantung.

1. Aktivitas Fisik
Aktivitas fisik yang teratur membuat jantung lebih kuat. Itu bisa memompa lebih banyak darah dengan sedikit usaha. Hal ini pada akhirnya membuat tekanan darah Anda menurun.

Baca juga
Meningkatkan Kompetensi Karyawan Kini Lebih Mudah dengan Sistem Manajemen Kompetensi

Aerobik adalah aktivitas yang bisa meningkatkan detak jantung dan pernapasan. Anda bisa bola basket atau tenis, bersepeda, menaiki tangga, menari, berkebun, jogging, berenang, berjalan kaki, bahkan memotong rumput dan menyapu halaman.

Menurunkan berat badan juga dapat membantu mengurangi tekanan darah. Olahraga adalah cara terbaik untuk mempercepat penurunan berat badan.

2. Kurangi Garam
Terlalu banyak mengonsumsi garam menyebabkan tubuh menahan lebih banyak air untuk menjaga keseimbangan cairan. Hal ini pada akhirnya memberi tekanan pada dinding pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah Anda.

Makan terlalu banyak garam juga dapat memicu semua masalah kesehatan yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi, termasuk penyakit jantung dan stroke. Jadi, sangat penting untuk mengurangi asupan garam dalam makanan Anda.

Baca juga
Polisi Boleh Periksa Ponsel Warga? Begini Aturan Mainnya

3. Stop Merokok
Nikotin dalam rokok bisa menyumbat arteri sehingga mengurangi ruang bagi darah untuk mengalir dengan baik. Merokok juga bisa meningkatkan kemungkinan serangan jantung atau strok, dan menurunkan jumlah oksigen yang dikirim ke tubuh.

4. Kurangi Kopi
Kafein cenderung meningkatkan tekanan darah setiap kali Anda meminumnya. Beberapa peneliti meyakni bahwa kafein dapat memblokir hormon yang membantu Arteri tetap lebar.

Sementara peneliti lain menyatakan, kafein menyebabkan kelenjar adrenal melepaskan lebih banyak adrenalin, yang menyebabkan tekanan darah meningkat.

5. Lebih Banyak Kalium
Makanan kaya kalium juga penting dalam mengelola tekanan darah tinggi. Ini karena kalium mengurangi efek natrium. Jadi, semakin banyak kalium yang dimakan, semakin banyak natrium yang hilang melalui urin.

Baca juga
8 Kiat untuk Rehat Sejenak dari Media Sosial

Kalium juga meredakan ketegangan di dinding pembuluh darah hingga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Idealnya, orang dewasa harus mendapatkan 4.700 mg sehari.

Tinggalkan Komentar