Senin, 08 Agustus 2022
10 Muharram 1444

Android Go 12, Ponsel Murah Google Makin Naik Kelas

Jumat, 17 Des 2021 - 09:30 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Android 12 foto 91 mobile - inilah.com
Android 12 foto 91 mobile

Google baru saja meluncurkan  Android Go 12 yang ditujukan untuk meningkatkan kinerja ponsel murah atau kelas “entry level” lebih maksimal.

Pada Oktober 2021 secara global Google mengenalkan Android 12, maka dari itu untuk para pengguna ponsel entry level yang biasanya memiliki kapasitas RAM 2GB ke bawah dapat menggunakan Android Go 12.

Mengutip blog resmi Google, Kamis, pengguna yang mengunduh Android Go 12 dapat merasakan pengalaman membuka aplikasi lebih cepat 30 persen dari sebelumnya.

Tidak hanya itu, untuk layanan dengan animasi juga dapat terproses dengan lebih halus.

Low latency dijanjikan oleh Google pada saat pengguna membuka aplikasi, sehingga jika biasanya pengguna harus menunggu cukup lama maka dengan Android Go 12 pengguna bisa menghilangkan waktu menunggu itu.

Baca juga
Sasar Kawula Muda, Ponsel OPPO A95 Tampil Estetis Apa Adanya

Pada pengaturan privasi, sama seperti versi Android 12 nantinya pengguna Android Go 12 juga bisa melihat dan mengakses izin aplikasi dari satu pengaturan.

Anda juga akan dibantu dari segi penghematan daya karena Android Go 12 akan merekomendasikan untuk menonaktifkan atau “menghibernasikan” aplikasi yang sudah lama tidak dipakai secara otomatis.

Meski belum jelas ponsel entry level mana saja yang akan menerima pembaruan Android Go 12 namun dipastikan sistem operasi itu akan bisa diakses secara global di 2022.

Android Go merupakan sistem operasi yang dirilis oleh Google sejak 2017 untuk para pengguna ponsel entry level.

Hingga akhir 2021, tercatat sudah ada 200 juta pengguna ponsel pintar yang menggunakan layanan Android Go.

Baca juga
Q3 2021, Samsung Kembali Puncaki Pasar Smartphone Global

Untuk saat ini sebagai tambahan informasi Sistem operasi (OS) Android 10 masih mendominasi dan menjadi sistem yang paling banyak digunakan di perangkat Android secara global dibandingkan dengan OS Android 11.

laporan dari Android Studio menunjukkan bahwa saat ini pengguna OS Android 10 berjumlah paling banyak, yaitu 26,5 persen secara global. Sementara untuk pengguna OS Android 11 berada di urutan kedua dengan jumlah 24,2 persen. Adapun untuk OS Android 12, sistem operasi mobile terbaru besutan Google yang rilis pada Mei lalu, rupanya belum terakumulasi.

Di posisi ketiga, OS Android 9 ‘Pie’ masih digunakan oleh 18,2 persen pemilik ponsel Android, diikuti OS Android 8 ‘Oreo’ dengan total 13,7 persen, dan OS Android 7 ‘Nougat’ dengan 6,3 persen pengguna.

Tinggalkan Komentar