Anggota Dewan Usulkan DPR Bentuk Pansus Garuda

Anggota Dewan Usulkan DPR Bentuk Pansus Garuda - inilah.com

Anggota Komisi XI DPR Fraksi NasDem Fauzi Amro mengusulkan DPR segera membentuk panitia khusus (pansus) untuk menindaklanjuti permasalahan PT Garuda Indonesia yang terancam bangkrut.

“Dengan kondisi Garuda seperti ini, kita usulkan dibuat pansus untuk mengurai dan mengetahui masalah dari hulu hingga hilir maskapai pelat merah itu,” kata Fauzi dalam keterangan persnya, Selasa (9/11/2021).

Dia mengatakan, pembentukan Pansus Garuda ini dimaksudkan untuk membedah secara mendalam permasalah yang terjadi di internal perusahaan penerbangan plat merah tersebut.

Karena dalam beberapa waktu ini PT Garuda Indonesia tengah dikabarkan terancam pailit karena lilitan hutang yang mencapai Rp70 triliun. Bahkan Kementerian BUMN selaku pemegang saham mayoritas telah membuka opsi pailit terhadap PT Garuda Indonesia. Upaya pailit ini ditemput jika upaya merestrukturisasi utang Garuda sebesar Rp 70 triliun lebih terhadap kreditur dan lessor menemui jalan buntu.

Baca juga  Peter Gontha Beberkan ‘Borok’ Internal Garuda Indonesia

Fauzi melanjutkan Kementerian BUMN juga telah menawarkan bahkan sedang menyiapkan PT Pelita Air Service (PAS) untuk menggantikan rute penerbangan domestik PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA).

“Menurut saya, semua pemangku kepentingan perlu duduk bareng untuk membicarakan masalah Garuda ini dari hulu ke hilir. Kita perlu mengurai secara utuh. Karenanya, saya mengusulkan perlunya dibentuk Pansus Garuda, termasuk mendiskusikan dan mengevaluasi opsi yang ditawarkan Kementerian BUMN atau mungkin ada opsi lain yang lebih baik guna menyelamatkan Garuda,” paparnya.

Fauzi menilai opsi mengganti Garuda Indonesia dengan Pelita Air tidak tepat karena dari segi merk atau brand, Garuda lebih kuat dibandingkan Pelita Air.

Baca juga  Luhut: Kita Lebih Takut Generasi Pendidikan Masa Depan Bodoh

“Salah satu masalah yang kita hadapi sebagai negara kepulauan adalah layanan transportasi. Dan jauh hari (almarhum) Presiden Habibie sudah mengingatkan pentingnya membangun dan mengembangkan maskapai penerbangan yang bagus, sebagai salah satu upaya untuk mengatasi masalah transportasi lintas pulau Nusantara dan juga untuk penerbangan mancanegara seperti angkutan jamaah haji dan umroh,” paparnya.

Dia juga mengatakan Pansus Garuda ini nantinya diisi oleh anggota DPR yang berasal dari alat kelengkapan dewan yang berkaitan dengan permasalah ini.

“Saya mengusulkan agar pimpinan DPR segera membentuk Pansus Garuda lintas komisi, seperti Komisi III, V, VI, dan XI. Semoga seluruh persoalan Garuda bisa diurai dan diselesaikan lewat opsi terbaik seperti harapan kebanyakan masyarakat pada maskapai kebanggaan Indonesia tersebut,” kata Fauzi.

Baca juga  Polda Metro Janji Kedepankan Polantas yang Penolong

Tinggalkan Komentar