Anggota MPR Ajak Masyarakat Papua Jaga Kebhinnekaan NKRI

Anggota MPR RI dari Fraksi Partai Nasdem, Roberth Rouw menjelaskan, konsepsi merawat kebhinnekaan merupakan kunci menjadi jaminan berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sebab, dengan merawat kebhinnekaan merupakan wujud pengakuan dan sekaligus penghormatan terhadap adanya heterogenitas dalam berbagai aspek kebangsaan.

“Konsepsi kebhinnekaan mengamanatkan pengakuan terhadap keberagaman dalam kerangka mencari titik temu atau titik persetujuan bersama. Di mana dalam prosesnya harus menjunjung tinggi kepentingan bersama, menegakkan toleransi dan menghormati perbedaan, serta mengedepankan semangat musyawarah untuk mufakat,” kata Roberth saat Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Serui, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, Selasa (23/11/2021).

Baca juga  Bamsoet: Wacana Hidupkan Utusan Golongan di MPR Perlu Lebih Dielaborasi

Roberth yang juga Wakil Ketua Komisi V DPR RI dari Fraksi Partai Nasdem ini menuturkan, dengan mengikuti Sosialisasi Empat Pilar ini bisa menyegarkan ingatan masyarakat terhadap sejarah perjuangan bangsa sekaligus mempertebal rasa cinta terhadap bangsa Indonesia.

“Kita tidak mungkin mencintai Indonesia kalau kita tidak mengenalnya dengan baik. Inilah salah satu fungsi kegiatan sosialisasi, mengenalkan sejarah bangsa kepada masyarakat, agar timbul perasaan cinta yang makin besar kepada bangsa dan negara,” ungkap Roberth.

Ia menjelaskan, Empat Pilar yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika ini penting dipahami dan ditanamkan pada seluruh generasi bangsa Indonesia agar kehidupan bangsa Indonesia semakin kokoh.

Baca juga  Tinggalkan Kursi Empuk, Bos BTN Pilih Pantau Pembagian Bansos, BSU, dan KPR FLPP

“Dengan kegiatan ini diharapkan para pemuda Indonesia sebagai generasi penerus bangsa dapat semakin kuat dalam menghadapi tantangan jaman, serta terjaganya rasa nasionalisme dan patriotisme bangsa,” Jelas Roberth.

Ia juga menjelaskan, sesuai UU No. 17 tahun 2014, setiap anggota MPR memiliki tugas untuk mensosialisasikan dan memasyarakatkan Empat Pilar MPR RI.

Sebab, Sosialisasi Empat Pilar ini menjadi penting karena ada tanggungjawab kita bersama untuk membentengi para remaja kita dengan nilai-nilai Pancasila yang diwariskan oleh para pendiri bangsa.

“Semuanya ditujukan untuk mengembalikan kita kepada nilai-nilai luhur bangsa. Mari kita laksanakan Empat Pilar,” pungkas Roberth.

Baca juga  Cimory Bidik Dana IPO Rp3,76 T untuk Bidik Pasar Asia Tenggara

Sebelum berlangsungnya sosialisasi empat pilar kebangsaan MPR RI tersebut, setiap peserta dihimbau untuk melakukan jaga jarak, pemeriksaan suhu tubuh dan juga wajib menggunakan masker serta hand sanitizer, hingga kursi dalam ruang sudah diatur secara berjarak. Hal tersebut dilakukan dalam upaya menerapkan protokol kesehatan dimasa pandemi COVID-19.

Tinggalkan Komentar