Angka Pasien COVID-19 di RS Rujukan Pemprov DKI Jakarta Turun Signifikan

Angka Pasien COVID-19 di RS Rujukan Pemprov DKI Jakarta Turun Signifikan - inilah.com
Suasana Ruang IGD Khusus Covid di RS Hermina. Foto : INILAHCOM/Agus Priatna

Penurunan jumlah pasien COVID-19 di rumah sakit rujukan Pemprov DKI Jakarta terus mengalami penurunan yang signifikan. Hal tersebut terlihat dari angka keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di Rumah Sakit Hermina, Sunter Agung, Jakarta Utara.

Menurut Manajer Penunjang Medis RS Hermina, Raymond, hingga kini pasien COVID-19 di rumah sakitnya hanya menyisakan satu orang dalam perawatan diruang isolasi.

“Pasien COVID sekarang ada satu orang, dalam perawatan isolasi,” ujar Raymond di Jakarta, Rabu (15/9/2021).

Berangsur menurunnya jumlah pasien COVID-19 menurut dia, terjadi sejak pertengahan Agustus lalu hingga sekarang. Sebelumnya pada Juli, RS rujukan Pemprov DKI ini sempat mengalami over capacity akibat lonjakan pasien COVID-19.

Baca juga  Pemerintah Berencana Larang Perayaan Tahun Baru

Untuk mempercepat penanganan lonjakan pasien saat itu, pihak rumah sakit sampai menurunkan Tenaga Kerja Waktu Tertentu (TKWT) binaan RS untuk membantu tenaga kesehatan yang ada.

Kini, meski jumlah pasien turun pihak rumah sakit tetap menerapkan standar prosedur, fasilitas kesehatan, dan tidak mengurangi jumlah tenaga kesehatan. Karena menurut Raymond, penurunan memang ada, tetapi masih belum dalam batas aman.

“Penurunan pasien memang ada, tetapi masih belum dalam batas aman, jadi tenaga kesehatan tetap standby terus,” tambahnya.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta mencatat positivity rate atau persentase kasus positif COVID-19 di Jakarta dalam sepekan mengalami penurunan yang signifikan di angka 1,9 persen. Angka ini terus menjauh dari ambang batas ideal positivity rate yang ditetapkan oleh WHO, yakni 5 persen.

Baca juga  Terekam CCTV, Pelaku Jambret di Bekasi Menyerahkan Diri

Tinggalkan Komentar