Selasa, 04 Oktober 2022
08 Rabi'ul Awwal 1444

Angkatan Laut Indonesia Latihan Perang dengan Siprus

Jumat, 04 Feb 2022 - 14:26 WIB
Penulis : Fadly Zikry
Kri Sultan Iskandar Muda 367 - inilah.com
Kri Sultan Iskandar Muda 367 - ist

Kapal perang Angkatan Laut Indonesia dan Siprus menggelar latihan bersama di wilayah perairan Siprus. Latihan perang itu untuk memperkuat hubungan bilateral kedua negara.

Kedua kapal perang yang melakukan latihan bersama di perairan Siprus pada 31 Januari 2022 yaitu KRI Sultan Iskandar Muda-367 / KRI SIM-367 kelas korvet TNI Angkatan Laut dan CNS Ioannides P61 milik Siprus.

Bagi TNI, latihan kolaboratif antara Angkatan Laut kedua negara adalah momentum untuk berbagi pengetahuan, keterampilan, pengalaman, dan interaksi sosial antarpersonel.

“Di tengah pandemi COVID-19, KRI SIM-367 akan selalu siap dan aktif menjalankan misinya untuk mengharumkan nama Indonesia,” kata Komandan KRI SIM-367 Commander Officer (CO) Abdul Haris dalam keterangan tertulis KBRI Roma, Jumat (4/2/2022).

Baca juga
Pelantikan Andika Dihadiri Sang Putra, Salah Satu Tim Dokter Kasus Hipospadia Aprilio Manganang

Latihan bersama juga bertujuan untuk mempromosikan kerja sama bilateral antara Indonesia dan Siprus di bidang pertahanan.

Interaksi yang bersahabat itu diharapkan memperkuat kerja sama serta hubungan baik antara angkatan laut dan personel masing-masing negara.

“Prajurit Angkatan Laut selalu siap siaga dan profesional dalam menjalankan tugas dan latihan baik di tingkat bilateral maupun multilateral dengan tetap mengutamakan prinsip keselamatan dan zero accident,” ujar Haris.

Kedua kapal perang melakukan latihan Basic Tactical Manuver For Passex (PASSEX), Execution Flashing Light Exercise(FLASHEX), dan latihan Jamming Komunikasi di perairan teritorial Siprus.

Pelaksanaan PASSEX merupakan hasil kesepakatan bersama dari Commander of Cyprus National Guard Letnan Jenderal Dimokritos Zervakis, di sela-sela kunjungan kehormatan Atase Pertahanan RI di Roma Kapten (AL) Aminuddin Albek dan Komandan KRI SIM-367 Commander Officer (CO) Abdul Haris ke Cyprus National Guard.

Baca juga
Soal TNI, Polri, BIN Terlibat Pemilu, Sjafrie: Saya tidak Ingkari Oknum-Oknum itu

Pertemuan tersebut kemudian dilanjutkan dengan kunjungan kehormatan Komandan AL Siprus Kapten (AL) Demetrios Masouras, dan CO CNS Ioannides Lieutenant Commander Ioannis Zenonos ke atas KRI SIM-367.

“Semua skenario dan tahap latihan yang direncanakan telah dilaksanakan dengan sukses, profesional, dan lancar oleh kedua belah pihak meskipun persiapan dilakukan dalam waktu yang sangat singkat,” kata Commander Officer CNS Ioannides Lieutenant Commander Ioannis Zenonos usai latihan bersama kapal perang.

Kedua belah pihak sepakat bahwa latihan bersama telah menciptakan hubungan yang lebih kooperatif dan membawa manfaat bagi semua pihak dalam peningkatan kerja sama bilateral antara Indonesia dan Siprus.

Tinggalkan Komentar