Kamis, 06 Oktober 2022
10 Rabi'ul Awwal 1444

Anies Bacakan Puisi WS Rendra di Panggung Seni Perdana Graha Bhakti Budaya

Jumat, 23 Sep 2022 - 19:52 WIB
Penulis : Harris Muda
Editor : Fadly Zikry
Anies ws rendra tim - inilah.com
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membacakan puisi WS Rendra di gedung Graha Bhakti Budaya (GBB) Pusat Kesenian dan Budaya Taman Ismail Marzuki (TIM), Jumat (23/9/2022) - (Foto: inilah.com/Harris Muda)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri gelaran pentas seni perdana di gedung Graha Bhakti Budaya (GBB) Pusat Kesenian dan Budaya Taman Ismail Marzuki (TIM), pasca revitalisasi di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (23/9/2022) sore.

Gelaran itu dibuka lewat pertunjukkan seni tari dari Eki Dance Company yang membawakan tema Legenda Burung Api dari Manggarai. Tak lama berselang, Anies yang semula tampak duduk sebagai penonton justru hadir di tengah panggung.

Mengenakan baju batik lengan panjang, Anies yang berdiri di tengah panggung tampak memegang secarik kertas putih yang berisikan puisi karya W.S Rendra. Puisi itu berjudul “Rakyat Adalah Sumber Kedaulatan”.

“Rakyat adalah sumber kedaulatan. Rakyat adalah sumber kedaulatan. Kekuasaan tanpa rakyat adalah benalu tanpa karisma,” kata Anies membaca puisi Rendra.

Baca juga
Mobil Isyana PSI Terperosok, Terlalu Lebay Desak Anies Minta Maaf

Tak berselang lama bait demi bait tuntas dibacakan oleh Gubernur Anies sembari diiringi oleh sorak-sorai dan riuh tepuk tangan penonton.

Setelah melantunkan puisi, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu kemudian memberikan pidato singkat menyambut lahirnya kembali panggung seni megah Graha Bhakti Budaya di kompleks Taman Ismail Marzuki.

“Hari ini menjadi hari yang bersejarah bagi kita semua, Graha Bhakti Budaya untuk pertama kalinya, digunakan kembali dengan menggunakan teknologi terbaru,” ujar Anies dalam sambutannya

Dalam kesempatan itu, Anies turut ditemani sang istri Fery Farhati dan beberapa jajaran seperti Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana, Ketua TP PKK DKI Fery Farhati dan Direktur Utama (Dirut) PT Jakarta Propertindo Widi Amanasto.

Baca juga
Anies Kaji Penerapan Aturan PPKM Level 3 pada Akhir Tahun

Sebelumnya Anies terlihat mengelilingi pusat kesenian dan budaya itu selama 15 menit. Anies terlebih dulu melihat Patung Ismail Marzuki yang dibuat dari tanah liat di depan pintu masuk TIM.

Selanjutnya Anies mengunjungi galeri seni rupa melihat sejumlah karya seni baik lukis hingga patung. Secara seksama Anies menghampiri satu persatu karya seni tersebut, tanda sebagai buah penghargaan.

Berikut petikan puisi karya W.S. Rendra yang dibawakan Anies:

Rakyat adalah sumber kedaulatan.
Kekuasaan tanpa rakyat adalah benalu tanpa karisma.

Rakyat adalah bumi politik dan kebudayaan adalah udara.

Bumi tanpa udara adalah bumi tanpa kehidupan.
Udara tanpa bumi adalah angkasa hampa belaka.

Wakil rakyat bukanlah abdi kekuasaan.
Wakil rakyat adalah abdi para petani, para kuli, para nelayan dan para pekerja dan seluruh lapisan kehidupan.

Wakil rakyat
adalah wakil dari sumber kehidupan.

Tinggalkan Komentar