Selasa, 24 Mei 2022
23 Syawal 1443

Anies Bakal Paparkan Penurunan Kemacetan Jakarta Saat Forum U20

Penurunan Kemacetan Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan memaparkan penurunan kemacetan di Jakarta selama beberapa tahun terakhir saat Forum Urban 20 (U20) sebagai bagian pendukung Presidensi G20 Indonesia. Pasalnya keberhasilan itu dinilai berdampak positif terhadap penurunan karbon di Ibu Kota.

“Kami hadir dengan membawa ‘best practice’ masing-masing untuk ditunjukkan,” kata Anies dalam diskusi daring soal Urban 20, Rabu (16/2/2022).

Menurut Anies, menurunnya angka kemacetan di Jakarta dikontribusikan salah satunya oleh integrasi transportasi publik yang juga berpengaruh terhadap penurunan karbon.

“Penurunan kemacetan di Jakarta nantinya akan menjadi salah satu pengalaman yang bisa dibagikan kepada gubernur, wali kota, atau pemimpin wilayah di negara-negara G20 atau non-anggota G20,” katanya.

Baca juga
Sehari Sebelum Film Dear Nathan Tayang di Bioskop, Ardhito Pramono Ditangkap Polisi Kasus Narkoba

Anies menambahkan, begitu juga kota-kota lainnya akan memamerkan upaya-upaya yang selama ini dilakukan terhadap isu perkotaan yang dibagikan sebagai pengalaman dan tukar pikiran dengan negara lain.

“Jakarta akan membawa pengalaman di dalam mengintegrasikan transportasi publik yang berdampak kepada penurunan karbon dan penurunan kemacetan. Ini ditunjukkan lewat data ‘time series’ selama lima-enam tahun terakhir kami menyaksikan penurunan tingkat kemacetan,” ucapnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu meyakini penurunan karbon dalam isu perkotaan akan menjadi relevan dengan isu-isu yang dibahas dalam level kepala negara G20.

Akses mobilitas setara dan berkelanjutan dengan integrasi transportasi publik, merupakan satu dari enam agenda utama yang akan dibawa Anies pada pembahasan Forum U20.

Baca juga
Novel Baswedan Klaim Berulangkali Tawarkan Bantu KPK Buru Masiku

Nantinya, hasil dari pembahasan dalam Forum U20 pada Agustus 2022 diharapkan dapat menjadi rekomendasi yang dibawa lagi pada Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Nusa Dua, Bali, Oktober 2022.

Tinggalkan Komentar