Rabu, 30 November 2022
06 Jumadil Awwal 1444

Anies Bangga Pamerkan Jakarta, Prestasinya Sudah Sampai Asia Tenggara

Rabu, 21 Sep 2022 - 23:03 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bangga dengan capaian Jakarta selama lima tahun kepemimpinannya.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Inilah.com/Harris Muda))

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bangga dengan capaian Jakarta selama lima tahun kepemimpinannya.

Setelah mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 31 Tahun 2022 tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR 2022), Anies menyebut Jakarta jadi kota terbaik se-Asia Tenggara.

“Boleh kita berbangga dengan Kota Jakarta menjadi kota pertama di Asia Tenggara yang mendapatkan Geo Innovation Award pada ESRI (Environmental Systems Research Institute) tahun 2019. Ini adalah sebuah prestasi yang patut kita banggakan,” kata Anies dalam paparannya di Balai Kota, Rabu (21/9/2022) siang.

“Kalau kita nomor satu di Indonesia gak aneh,” sambungnya bangga.

Baca juga
Survei Trust Indonesia, Kelayakan Anies Jadi Capres 2024 Mendekati Sempurna

Sebelumnya Anies bicara persoalan jaringan konektifitas yang hadir di Jakarta. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu menyebut, sebagai kota yang berorientasi pada kota global berbasis transit dan digital, jaringan konektifitas merupakan satu sistem yang krusial.

“Salah satu ciri-ciri kota modern kota digital adalah adanya konektifitas. Nah di Jakarta ini alhamdulillah ada 14 ribu WiFi publik. Sekarang kita mulai termasuk aspek penampakan Jakarta sebagai salah satu sistem informasi,” ujar Anies.

Anies dalam sosialisasi Pergub RDTR 2022 menyampaikan lima substansi guna menghadirkan keadilan ruang dan mengakselerasi transformasi Jakarta sebagai kota global.

Baca juga
Survei Litbang Kompas: Prabowo dan Ganjar Sama Kuat, Anies Posisi Ketiga

Dalam mendukung penyelenggaraan dan pengembangan kehidupan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat, RDTR 2022 juga memberikan fleksibilitas pembangunan sarana dan prasarana umum antara lain sarana sarana pendidikan, kesehatan, peribadatan, rekreasi dan olahraga, pemakaman, pertamanan dan ruang terbuka hijau.

“Penetapan RDTR 2022 ini diharapkan akan mengintitusikan atau melembagakakan perubahan-perubahan yang sudah dilakukan kemerin. Dalam sebuah ketentuan yang sudah ada badan hukumnya. Dan diharapkan nanti bisa mempercepat proses transformasi kan ada pegangan hukumn, inilah visinya,” pungkasnya.

Tinggalkan Komentar