Selasa, 28 Juni 2022
28 Dzul Qa'dah 1443

Anies dan Riza Shalat Ghaib untuk Eril, Ungkap Duka Mendalam

Jumat, 03 Jun 2022 - 14:18 WIB
Penulis : Aria Triyudha
Img20220603123146(1) - inilah.com
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah), Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (kanan) dan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali (kiri) usai melakukan Salat Ghaib di Masjid Fatahillah Balai Kota Jakarta, Jumat (3/6/2022). Foto: Antara/Ricky Prayoga

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria melaksanakan shalat ghaib untuk putra sulung Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz, di Masjid Balai Kota Jakarta, Jumat (3/6/2022). Anies mengungkapkan duka mendalam.

“Kami di DKI Jakarta merasakan duka yang amat dalam. Dukanya Kang Emil dan keluarga adalah duka masyarakat Jawa Barat, adalah juga duka masyarakat Jakarta dan juga duka Indonesia,” kata Anies usai shalat ghaib di Balai Kota Jakarta.

Dia menjelaskan, seluruh jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta turut melaksanakan hal yang sama.

“Semoga ini menjadi pesan yang nantinya keluarga akan lihat begitu banyak orang yang mendoakan. Insya Allah Eril husnul khatimah, dimuliakan tempatnya di sisi Allah,” kata Anies.

Baca juga
Anies Tegaskan Fokus Urus Jakarta

Lebih lanjut, Anies belum berencana melayat dalam waktu dekat. Ia ingin memberikan ruang serta menghormati keluarga Ridwan Kamil.

“Insya Allah Eril ditinggikan derajatnya di sisi Allah, sebagai syahid dan keluarga diberikan kekuatan, ketabahan di dalam menjalani sebuah ujian yang tak terhingga besar dan beratnya,” kata Anies.

Anjuran MUI

Sebelumnya, Anies Baswedan menyerukan seluruh masjid di Jakarta menggelar shalat ghaib untuk anak Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz. Menurut Anies hal ini sesuai anjuran Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat (Jabar) dan keluarga besar Ridwan Kamil.

“Kami menyerukan kepada seluruh masjid di Jakarta agar mendirikan shalat ghaib setelah shalat Jumat untuk ananda Emmeril Kahn Mumtadz, putra dari Ibu Atalia dan Bapak Ridwan Kamil (Gubernur Jabar), yang hilang di Sungai Aare, Bern, Switzerland, minggu lalu,” kata Anies melalui akun Instagram @aniesbaswedan, Jumat (3/6/2022).

Baca juga
Desmond Kena Semprit Kader Gerindra, Sibuk Ngurusin KIB Kayak Kurang Obat

Anies pun mengajak seluruh kaum Muslimin di Jakarta mendirikan shalat ghaib siang dan mendoakan Eril.

Selama satu minggu pencarian, Tim SAR dan polisi setempat belum menemukan Eril setelah hilang saat berenang di Sungai Aare di Bern, Swiss, Kamis (26/5/2022).

Ridwan Kamil dan keluarganya kemudian memutuskan untuk pulang ke Indonesia.

Pihak keluarga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah mengikhlaskan kepergian Emmeril Kahn Mumtadz. Namun, kata kakak Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman, pihaknya memastikan pencarian keponakannya yang hilang di sungai Aare itu masih terus berlanjut.

Tinggalkan Komentar