Rabu, 29 Juni 2022
29 1444

Anies Diusung Capres oleh Nasdem, Pengamat: Tinggal Menunggu Waktu

Jumat, 17 Jun 2022 - 19:21 WIB
Penulis : Aria Triyudha
0616 015832 E2d9 Inilah.com 1600x1187 - inilah.com
Rakernas Partai NasDem di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. Foto: Inilah.com/Safarian Shah

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berhasil menuai dukungan 32 DPW Partai Nasdem untuk diusung sebagai calon presiden (capres). Hal ini mengemuka dalam pleno Rakernas Partai NasDem, Kamis (16/6/2022).

Dengan hasil tersebut, menurut pengamat komunikasi politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga, pengumuman Anies sebagai calon presiden (capres) Partai NasDem oleh sang ketua umum Surya Paloh dinilai tinggal menunggu waktu.

Jamiluddin menjelaskan, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh akan lebih dulu reaksi dari masyarakat dan partai politik atas besarnya dukungan DPW Partai Nasdem terhadap Anies.

“Reaksi dari dua pihak tersebut akan menjadi dasar bagi Surya Paloh untuk memutuskan jadi tidaknya Anies diusung,” kata Jamiluddin dalam keterangannya, Jumat (17/6/2022).

Dia memandang, Paloh perlu mengetahui reaksi masyarakat agar sosok yang diusung partainya sebagai capres memang mendapat dukungan publik. Hal ini tentunya berkaitan dengan keterpilihan capres yang akan diusung Partai NasDem.

Baca juga
Siap Maju Pilpres 2024, Kang Emil: RI 1 atau RI 2 Allah yang Tentukan

“Jadi, Surya Paloh ingin mengetahui keterpilihan Anies setelah didukung DPW Partai Nasdem. Kalau keterpilihan Anies sesuai dengan dukungan DPW, maka Surya Paloh segera memutuskan Anies menjadi capres dari partainya,” terang Jamiluddin.

Selanjutnya, ujar mantan Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) IISIP Jakarta itu, Surya Paloh juga ingin melihat reaksi parpol lain terkait dukungan DPW Partai Nasdem kepada Anies. Hal ini untuk memastikan parpol, khususnya calon parpol koalisi, juga respek terhadap Anies.

“Kalau parpol respek terhadap Anies, tentu akan memberi kepastian bagi Surya Paloh untuk mengusung Anies. Parpol lain akan lebih mudah diajak berkoalisi dengan Anies menjadi capresnya,” beber Jamiluddin.

Jadi, kata Jamil menegaskan, Surya Paloh akan merasa pasti mengusung Anies. Pasalnya, sosok Anies juga akan diterima parpol lain yang akan diajak berkoalisi.

Baca juga
Relawan SAH Manokwari: Airlangga Sosok Pekerja Keras

“Kepastian tentang bagaimana reaksi dari masyarakat dan parpol itu diperlukan Surya Paloh agar capres dari partainya akan memenangkan kontestasi Pilpres 2024. Selanjutnya, ada baiknya pengumumannya (Anies sebagai capres) tidak terlalu lama agar tidak kehilangan momentum,” tegas Jamiluddin.

Penyerahan Nama

Steering Committee (SC) atau panitia acara Rakernas Partai NasDem akan menyerahkan nama-nama capres kepada Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Penyerahan berlangsung saat penutupan Rakernas di JCC Senayan, Jakarta, Jumat malam (17/6/2022).

“SC akan menyerahkan nama-nama ke Pak SP (Surya Paloh),” kata Anggota SC yang juga Wasekjen DPP Partai NasDem, Hermawi Taslim kepada Inilah.com.

Sejumlah nama-nama yang diusulkan DPW pada Pleno I Rakernas Partai NasDem pada Kamis (16/6/2022) kemarin telah dihimpun oleh SC.

Baca juga
Ganjar Jadi Tokoh yang Bisa Menyamai Elektabilitas Prabowo

SC selanjutnya membahas dan menjaring kembali melalui rapat dan hasilnya. Hasilnya, SC memutuskan tiga nama.

Lalu, tiga nama capres tersebut akan diserahkan kepada Surya Paloh pada saat penutupan Rakernas Partai NasDem.

Terungkap, dari 34 DPW Partai NasDem, 32 di antaranya mengusung Anies Baswedan sebagai capres dari Partai NasDem. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempati urutan kedua mengantongi dukungan 29 DPW.

 

Tinggalkan Komentar